Terlalu Lama Berkendara Motor Sebabkan Kualitas Sperma Buruk

Ilustrasi pembuahan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kualitas produksi sperma sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa beberapa aktivitas dapat sebabkan kualitas sperma menjadi buruk.

Lampu Kota Mobil: Kecil Ukurannya tapi Punya Fungsi Sangat Penting

Salah satu aktivitas yang sebaiknya dihindari, yakni duduk di atas motor (berkendara) dalam jangka lama. Sebab, menurut penelitian, paparan panas dari getaran motor, dapat berdampak buruk pada kualitas sperma.

"Skrotum dibuat menggantung dengan harapan suhunya bisa satu derajat lebih rendah dari suhu tubuh, agar proses pembentukkan sperma lebih bagus. Kalau terlalu lama di motor, kena skrotum, panasnya bisa pengaruhi sperma," ujar spesialis ObGyn, dr. Ridwan Mahfuddin SpOG, kepada VIVA.co.id di RS Evasari.

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Sumber panas yang terpapar pada skrotum akan memberikan dampak kualitas sperma yang buruk. Aktivitas lainnya yang perlu diperhatikan, yakni koki.

"Paparan suhu panas dari alat masak, terlalu lama terpapar bisa akibatkan produksi kualitas sperma buruk. Maka dibutuhkan alat pelindung memasak yang baik dan benar sebelum koki itu memasak," jelasnya.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Dilanjutkan Ridwan, para pria juga sebaiknya tidak berendam di dalam air yang terlalu panas. Sebab, suhu terlalu panas, bisa turut pengaruhi kualitas sperma.

"Kebiasaan berendam di air panas, apalagi suhu sampai 37 derajat, itu tidak baik untuk pembentukan sperma. Sebaiknya, suhu sekitar 30 derajat, dan tidak terlalu sering, atau terlalu lama berendam juga," kata Ridwan. (asp)

Chery tiggo 5x

Impresi Singkat Chery Tiggo 5X, SUV Baru Harga Rp200 Jutaan

PT CSI memberikan kesempatan para awak media termasuk VIVA Otomotif untuk mengetahui impresi singkat berkendara mobil SUV kompak Chery Tiggo 5X.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024