TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Tips Merawat Sneakers Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Salah satunya dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.
Tips Merawat Sneakers Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak
Ilustrasi sneakers (Pexels/Tookapic)

VIVA.co.id – Sneakers adalah item fesyen yang tampaknya tidak akan pernah ketinggalan zaman. Buktinya hingga kini beberapa model sneakers tertentu masih sering dipakai dan cocok untuk dipadankan dengan berbagai jenis pakaian.

Sneakers dapat ditemui dengan harga dan kualitas yang beragam. Namun, berapapun uang yang Anda keluarkan untuk membelinya, Anda tetap harus mengetahui cara menjaga sneakers agar tahan lama dan tidak cepat rusak. Tentunya Anda ingin sneakers bisa dipakai dalam jangka waktu lama, bukan?

Rapper pentolan Sweet Martabak, Remon Nessa, yang juga merupakan seorang sneakerhead dan kolektor sneakers memberikan sedikit tips untuk merawat sepatu kesayangannya. Hal paling sederhana yang ia lakukan adalah selalu membersihkan kembali sepatu yang sudah ia pakai. Hindari mendiamkan kotoran yang menempel pada sepatu terlalu lama.

"Paling simpel adalah setiap habis dipakai langsung dibersihkan. Sepatu itu ada umurnya, mau dijaga segimanapun, tiga sampai lima tahun pasti akan rusak. Biasanya yang bikin cepat rusak adalah dia kena kotoran apapun tapi didiamkan," kata Remon kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Dari pengalamannya menggunakan sneakers sejak usia remaja, ia mengerti bahwa sneakers akan semakin kuat jika sering dipakai dan justru akan semakin cepat rusak jika tidak dipakai. Dengan puluhan koleksinya saat ini, ia mengaku harus sering menggilir sepatunya untuk dipakai.

"Sepatu makin jarang dipakai makin cepat rusak, risiko punya sepatu banyak adalah sebisa mungkin saya harus menggilir untuk dipakai, karena sepatu itu diciptakan untuk dipakai. Jadi kalau makin dipakai dia makin kuat. Jadi kalau lem sepatu di Nike misalnya, makin dia diinjak, makin kuat daripada didiamkan," ujarnya menjelaskan.

Tak hanya itu, kata Remon, usahakan pula menyempatkan diri untuk menjemur sepatu secara rutin agar sepatu tidak berjamur.

"Sebisa mungkin saya keluarkan sepatu, rutin dijemur tapi jangan panas terik, jam 8 atau 9 pagi biar ketemu udara aja," ucapnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP