Rio Dewanto Luncurkan Film Dokumenter Konflik Agraria

Rio Dewanto
Sumber :
  • Bobby Agung/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Aktor Rio Dewanto bangga bisa meluncurkan sebuah film dokumenter terkait konflik agraria melalui jejaring sosial Youtube. Film tersebut – yang bisa ditonton di laman bit.ly/riokemekarjaya –  diambil ketika Rio berkunjung ke Desa Mekar Jaya, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara pada bulan Desember 2016 lalu.

Sosok Glenn Fredly Dihadirkan di Konser Filosofi Kopi Wave of Cinema

Dokumenter berdurasi 13 menit tersebut merekam keadaan dan kondisi petani di Mekar Jaya usai bentrokan beberapa waktu lalu serta diskusi dan wawancara yang Rio lakukan selama berkunjung ke sana.

Rio mengaku membuat film dokumenter tersebut untuk menggugah perasaan masyarakat agar turut membantu masyarakat Mekar Jaya.

10 Tahun jadi Aktor, Rio Dewanto Sempat Ambisi Perankan Soeharto

"Saya berharap setelah menonton film dokumenter tersebut masyarakat bisa terpanggil untuk ikut membantu masyarakat di Desa Mekar Jaya. Selain itu, semoga pemerintah juga bisa datang dan melihat dampak dari konflik yang terjadi," tulis Rio, melalui rilis yang diterima VIVA.co.id pada Selasa, 17 Januari 2017.

Dia juga menuturkan bahwa dalam proses pembuatan film dokumenter tersebut sempat bermalam di rumah seorang petani Mekar Jaya. Ini agar dia bisa turut mendengar dan merasakan penderitaan petani secara langsung.

Melukis Cara Rio Dewanto Perdalam Karakter Romeo

"Ketika kami datang anak-anak masih merasakan trauma akibat bentrokan yang sempat terjadi, mereka terlihat seperti ketakutan," tutur suami Atiqah Hasiholan tersebut.

Maka Rio bertekad membantu menyelesaikan problematika ini agar tak berkepanjangan. Dia pun pemerintah ikut terlibat.

"Saya berkomitmen untuk mengawal penyelesaian dari konflik agraria di Langkat hingga tuntas dan berharap Pemerintah memiliki keberpihakan kepada petani," ujar Rio.

Selain merilis film dokumenter, Rio kini sibuk garap sekuel terbaru “Filosofi Kopi,” yang berjudul “Filosofi Kopi: Ben & Jody.” Film tersebut bakal diputar pada pertengahan tahun 2017.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya