TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Ketahui Tips Membersihkan Sneakers Kesayangan

Tidak semua sneakers harus dibersihkan dengan cara dicuci.
Ketahui Tips Membersihkan Sneakers Kesayangan
Ilustrasi sneakers. (Pexels/Unsplash)

VIVA.co.id – Saat ini laundry sepatu memang sudah mulai menjamur di beberapa daerah di Indonesia. Berbagai jenis dan sepatu aneka bahan dapat dicuci dan dibersihkan dengan layanan ini.

Namun, tidak setiap saat Anda akan terus-terusan mengandalkan jasa laundry untuk mencuci sepatu. Pasti masih ada beberapa orang yang memilih mencucinya sendiri.

Bagi Anda yang belum terbiasa mencuci atau membersihkan sepatu, ada baiknya menyimak sedikit tips saat mencuci sepatu yang diberikan oleh rapper pentolan Sweet Martabak, Remon Nessa, selaku kolektor sneaker.

Pertama, kenali terlebih dahulu bahan sepatu. Beberapa bahan tidak cocok dibersihkan dengan air seperti bahan nylon atau suede. Bahan seperti ini, jika direndam atau dicuci dengan air justru membuat sepatu menjadi lebih cepat rusak.

Jika sepatu berbahan kulit, Anda cukup lap bagian kotor dengan kain basah.

"Semakin cepat rusak karena enggak semua material cocok dengan air, kayak suede, nylon enggak bersahabat sama air. Semakin sering (kena air) makin pendek umurnya," ujar Remon kepada VIVA.co.id saat ditemui belum lama ini.

Kedua, sebaiknya jangan merendam sepatu Anda secara keseluruhan. Menyikat permukaan sepatu dengan sikat lembut lebih direkomendasikan.

"Justru sepatu itu enggak dicuci secara harfiah ya, paling cuma disikat. Kalau sekarang sudah ada cairan pencuci sepatu yang terjangkau," katanya.

Ketiga, gunakan sabun berbahan lembut saat mencuci sepatu. Hindari penggunaan sabun dengan material keras seperti deterjen. Untuk membersihkan bagian dalam, lepas in-sole atau sol sepatu, sikat, bersihkan dan keringkan.

"Cukup pakai sabun biasa saja, tapi jangan deterjen atau sabun cuci karena kuat banget. Tinggal campur air pakai sikat gigi untuk bersihkan bagian luarnya. Kalau dalamnya tinggal cabut in sole-nya, bersihkan, terus dijemur," ucapnya menambahkan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP