Dampak Irama Jantung Tidak Teratur pada Aktivitas

Ilustrasi jantung.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Jantung merupakan alat vital pada kehidupan seluruh makhluk hidup. Nyatanya, kelainan pada jantung sedikit saja, dapat mengakibatkan irama jantung yang tidak teratur.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Atrial Fibrilasi (AF) merupakan salah satu kelainan pada irama jantung. Masalah paling utama pada AF yaitu irama dan aliran darah. Pada saat tubuh tidak terkoordinasi, maka irama jantung menjadi tidak berjalan normal.

"Detak jantung ini bisa cepat, lambat, atau kombinasi. Pastinya detak jantung yang berbeda itu menimbulkan keluhan pada seseorang," ujar spesialis jantung, dr. Antono Sutandar SpJP(K), kepada VIVA.co.id di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta.

Duka Mendalam Baim Wong dan Armand Maulana atas Kepergian Donny Kesuma

Kelainan irama tersebut diakibatkan oleh rusaknya sistem aliran di jantung sehingga tidak ada lagi koordinasi antara pompa dan menerima darah. Fungsi jantung akhirnya semakin lama semakin menurun, dan memberikan dampak saat beraktivitas.

"Saat detak jantungnya lambat, bisa membuat tubuh cepat lelah, bahkan hingga ingin pingsan. Sedangkan detak jantung cepat, akibatkan berdebar-debar dan juga mengalami kelelahan," lanjut Antono.

Riwayat Sakit Donny Kesuma Sebelum Meninggal, Alami Lemah Jantung Hingga Pernah Pasang Ring

Tidak hanya itu, kelainan jantung ini juga berdampak pada detak nadi yang terhitung cepat. Sehingga, semakin lama, jantung semakin lemah karena dipaksa untuk bekerja tiada henti.

"Irama jantung yang cepat terus-menerus, membuat detak nadi semakin cepat dan akhirnya membuat jantung menjadi lemah. Dampaknya jantung melemah mengakibatkan sulit beraktivitas," kata dia.

LeBron James dan putranya Bronny James

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

 Putra LeBron James, Bronny, dirumorkan akan masuk dalam draf pemain NBA 2024, terlepas dari tahun pertamanya di bola basket kampus (NCAA)

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024