Kesalahan Merias Wajah yang Kerap Dilakukan dan Solusinya

Ilustrasi merias wajah
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Ketika berusia 40-an tahun, mungkin Anda sudah memiliki rutinitas kecantikan yang membuat nyaman. Kendati demikian, ada sedikit tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan pigmentasi yang mulai bermunculan.
 
Make-up artist Ashunta Sheriff mengatakan ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu merevitalisasi penampilan Anda pada usia tersebut. Namun ada lima kesalahan make-up yang sering dilakukan wanita usia 40-an tahun, seperti dilansir dari Today.

Anak Ferdy Sambo Trisha Eungelica Jago Dandan, Intip 3 Inspirasi Riasan Mata Ala Gen Z

1. Melewatkan lip liner

Lip liner akan terlihat buruk bila digunakan secara tidak benar. Tapi bila digunakan dengan benar, lip liner dapat membantu polesan bibir lebih rapi dan membuatnya lebih bervolume. Karena itu, pilihlah warna lip liner sesuai dengan warna bibir dan pastikan isi bibir dengan lip liner agar terlihat lebih penuh.

Polisi Bubarkan Acara ‎Emak-emak Lomba Merias di Deli Serdang

2. Kurang menghidrasi kulit

Anda mungkin sudah menyadari bahwa kulit Anda terasa kering dibanding 10 tahun yang lalu. Jika kulit kering dipulas dengan make-up maka akan menyebabkan keriput dan pori-pori terlihat lebih jelas hingga permukaan kulit menjadi tidak merata.

Trik Mengaplikasikan Eyeshadow ala Selebgram Rachel Goddard

Sementara kulit yang terhidrasi akan membuatnya mudah berbaur dengan make-up, bercahaya dan membuatnya tampak lebih muda. Untuk itu, Anda bisa memakai primer atau balm yang menghidrasi dan menghaluskan kulit sebelum menerakan make-up. Anda juga dapat menggunakan lebih sedikit make-up dan campur dengan make-up yang melembapkan.

3. Satu warna foundation

Dengan kulit yang lebih matang, menggunakan satu warna foundation yang kusam dapat terlihat berat, seperti memakai masker. Untuk itu, Anda bisa mencari produk yang mencakup dua warna, sehingga Anda bisa membaurkan warna yang dibutuhkan di wajah Anda untuk terlihat alami.

4. Liner dan maskara di bawah mata

Ini mungkin tampak mengagumkan untuk usia 20-an dan 30-an. Namun, jika digunakan saat usia menginjak 40-an tahun maka akan membuat tampilan terlihat berat, make-up gelap dapat membuat mata terlihat murung dan memperjelas garis-garis halus di bawah mata.

Lebih baik Anda menggunakan penjepit bulu mata untuk membuatnya terlihat indah. Setelah itu, gunakan maskara favorit dari akar hingga ke ujung secara perlahan untuk mempercantik mata. Anda bia menggunakan eyeliner di bagian atas, tapi sebaiknya menggunakan warna cokelat dan navy dibanding hitam.

5. Tidak melakukan pengelupasan kulit

Penggunaan make-up dapat mempengaruhi tekstur kulit, jadi jika tidak melakukan prosedur pengelupasan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit setiap minggu, kulit bisa terlihat pucat dan tidak rata. Karena itu, Anda bisa melakukan pengelupasan kulit secara lembut, baik dengan alat scrub, asam dari buah atau alat lainnya untuk menjaga agar kulit segar dan bercahaya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya