Simpan Ponsel di Kantong Turunkan Kualitas Sperma, Benarkah?

Ilustrasi smartphone
Sumber :
  • Pixabay/Rieo

VIVA.co.id – Rumor yang beredar menyebutkan bahwa ponsel memiliki sinyal gelombang mikro sehingga tidak baik jika ditaruh di kantung celana karena dapat merusak kesuburan pria.

Ponsel Gaming Asus ROG Phone 8 Series Meluncur Besok, Ini Bocorannya

Karena kekhawatiran ini bahkan ada perusahaan yang memproduksi celana yang diklaim dapat melindungi alat vital pria dari radiasi. Produsen celana dalam ini mengatakan, produk mereka bisa melindungi alat vital pria dari efek membahayakan gelombang radio dari ponsel dan juga menjaga kekuatan sperma dan kesuburan.

Tapi, apakah benar ponsel berisiko pada pengguna pria?

Realme C51s Mendadak Muncul di Pasar Indonesia, Harganya Enggak Nahan

Dikutip dari Times of India, sebenarnya mitos ini sudah berkembang lama. Selama Perang Dunia II, beberapa pria yang masuk wajib militer seringkali merelakan diri bekerja untuk radar sebelum hari masuk wajib militer yang dijadwalkan dengan harapan paparan gelombang radio akan membuat mereka steril untuk sementara waktu.

Hingga, militer meminta Herman Muller, seorang ahli genetis yang memenangkan Hadiah Nobel untuk menunjukan sinar X yang dapat membuat steril dan mutasi genetik, untuk mengevaluasi efek dari gelombang radio.

Bikin Ngeri! Sedang Asyik Main Ponsel, Bocah Laki-laki Ini Tiba-tiba Didatangi Macan Tutul

Ternyata Muller tidak menemukan sedikit saja dosis gelombang radio yang membuat steril atau mutasi genetik, dan menyimpulkan bahwa gelombang radio tidak menimbulkan ancaman pada kesuburan seperti pada sinar X.

Hal ini karena sinar X yang memiliki panjang gelombang sangat pendek, membawa lebih banyak energi dibandingkan gelombang radio yang secara relatif memiliki panjang gelombang lebih panjang.

Tapi, jika Anda masih takut sinyal ponsel memengaruhi kesuburan, kenapa tidak menaruhnya di kantong kemeja saja daripada di kantong celana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya