Darah Mens Sedikit, Perlukah Khawatir?

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing
Sumber :
  • pixabay/holdosi

VIVA.co.id – Menjelang menstruasi, umumnya timbul rasa tidak nyaman hingga kram perut, akibat gumpalan darah yang keluar. Namun, bagaimana jika masa menstruasi berjalan lancar tanpa terasa ada hambatan?

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Hal itu memang terdengar bagus, tapi nyatanya ketika masa menstruasi berjalan sangat lancar tanpa kram, tanpa pegal-pegal akibat darah mens yang ke luar sedikit, mungkin hal tersebut perlu dikhawatirkan.

Menurut spesialis reproduksi endokrinologi, Lina Akopians, masa menstruasi yang terasa tanpa hambatan, disebabkan hormonal atau masalah pada salah satu organ. Berikut beberapa alasan yang diyakini menjadi penyebab tersebut, dikutip dari laman prevention.

Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

1. Kehamilan

Hampir sebagian besar wanita berhenti menstruasi, dan sebagian besar tetap mengalami menstruasi meski dalam masa kehamilan. Namun, ada kemungkinan indikasi kehamilan ektopik saat masa menstruasi terasa tanpa hambatan.

Ramai Seblak Jadi Penyebab Endometriosis, Begini Kata Dokter

2. Perubahan berat badan drastis

Salah satu manifestasi tubuh yang mengalami perubahan berat badan drastis, yakni absennya darah menstruasi atau periodenya yang cenderung pendek atau tanpa hambatan. Hal ini berarti tubuh membutuhkan keseimbangan asupan makan dari protein, karbohidrat, lemak dan vitamin.

3. Stres berat

Aktivitas yang membuat stres, pastinya berdampak pada hormonal tubuh. Ditambah berbagai permasalahan yang mengakibatkan stres semakin berat, atau berolahraga berlebihan, dapat berdampak pada masa menstruasi yang pendek.

4. Penggunaan pil kb

Satu dari alasan paling utama adanya perubahan masa menstruasi, yaitu konsumsi pil kb. Penggunaan pil kb atau IUD hormonal membuat masa menstruasi berjalan tanpa hambatan.

5. Luka di jaringan uterus

Sebagian besar wanita yang pernah mengalami kuret, terkadang meninggalkan bekas luka pada jaringan uterus. Jika terjadi perubahan masa menstruasi dan hal ini menjadi penyebabnya, maka luka di jaringan itu harus segera dihilangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya