Mengenal Lebih Jauh Osteoporosis Si Silent Disease

Ilustrasi tulang
Sumber :
  • Pixabay/geralt

VIVA.co.id – Osteoporosis, atau tulang keropos adalah suatu penyakit yang ditandai dengan penurunan ketebalan, atau massa tulang dan rusaknya mikro arsitektur tulang, sehingga tulang mudah patah.

Teuku Rifnu Wikana Ungkap Keponakan yang Jadi Korban Tabrak Lari adalah Anak Berprestasi

Osteoporosis pun merupakan salah satu penyakit yang disebut sebagai silent disease, karena tidak menunjukkan gejala-gejala yang spesifik.

"Nyeri biasanya dirasakan, saat seseorang telah mengalami patah tulang. Gejala lainnya adalah tinggi badan semakin berkurang dan tulang punggung yang semakin membungkuk," kata dr Jezy dari MeetDoctor pada VIVA.co.id.

Anak dan Keponakan Teuku Rifnu Wikana Jadi Korban Kecelakaan, Ada yang Sampai Patah Tulang

Jezy juga menjelaskan, penyebab osteoporosis sangat beragam, namun yang pasti penyebab utamanya adalah gangguan metabolisme tulang.

"Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya metabolisme tulang terganggu, yaitu berkurangnya hormon estrogen pada wanita yang telah mengalami menopause, berkurangnya asupan kalsium dan vitamin D, faktor usia, kondisi medis tertentu, pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu, dan idiopatik, atau tidak diketahui penyebabnya," katanya.

Kondisi Membaik, Beckham Putra Bisa Tampil Lawan Persebaya Surabaya
Susu kedelai.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Susu kedelai, minuman nabati yang terbuat dari biji kedelai, telah lama menjadi alternatif populer bagi mereka yang mencari pengganti susu sapi memiliki segudang manfaat.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024