Mencicipi Hidangan Penutup Unik dari Bunga Telang

Chai Creme Catalan dengan bunga telang, kayu manis, jahe, cardamom, dan jeruk
Sumber :
  • Bimo Aria/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pernahkan Anda mendengar atau mengetahui bunga atau kembang telang? Ya, tumbuhan merambat dengan warna biru yang dipercaya baik untuk kesehatan mata hingga kesuburan wanita.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Lantas bagaimana jika bunga telang dijadikan sebagai bahan dasar hidangan penutup? Di tangan Chef Asih dari The Good Life, bahan yang sebelumnya tidak terpikirkan menjadi hidangan ini, berhasil diracik dengan ciamik.

Hindangan ini diberi nama Chai Creme Catalan dengan bunga telang, kayu manis, jahe, cardamom, dan jeruk. Hidangan ini memiliki cita rasa yang manis dengan sedikit rasa yang cukup unik.

Bukan Cuma Lezat, Es Krim Juga Punya Deretan Manfaat Menakjubkan

"Cream Catalan itu dari Spanyol sebenarnya, memang di resep aslinya menggunakan rempah tapi tidak sekuat ini, makanya saya sebut Chai Cream Catalan. Chai itu kan dari India," kata dia saat ditemui di Almond Zucchini, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 19 Januari 2017.

Sebagai penyeimbang rasa manis, dia menghadirkan semacam agar-agar dengan rasa tawar yang dibuat dari teh apel.

Hal yang Wajib Diketahui Wanita Usai Berhubungan Badan, Daun Kelor Setara Ginseng Korea

"Idenya dari teh rempah apel tapi karena jadi yang (warna) cokelat itu bahan dasarnya teh semua. Tehnya dibikin agar-agar, memang sengaja tidak saya bikin pakai gula supaya penawar dari cream yang manis tadi," ujarnya.

Di samping itu cardamom atau yang umum dikenal dengan kapulaga ini dibuat dengan rasa yang sedikit pedas. Dengan demikian, lengkaplah rasa dari hidangan penutup tersebut.

Pisang Goreng

Mantap! Pisang Goreng Jadi Hidangan Penutup Nomor 1 di Dunia

Taste Alas telah merilis daftar 50 Dessert Deep Fried Terbaik di Dunia, di mana makanan pisang goreng berada di urutan pertama dengan rating 4.60.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024