Penyebab Banyak Wanita Pilih Bidan untuk Pasang Kontrasepsi

Pemilihan alat kontrasepsi
Sumber :

VIVA.co.id – Seringkali para wanita enggan mengenakan alat kontrasepsi, karena beberapa hal. Namun ternyata, kehadiran bidan, menjadi mulai banyaknya para wanita mengenakan alat kontrasepsi kembali.

Aurel Hermansyah Izin Pakai KB, Atta Halilintar Ragu: Boleh Gak di Agama Islam?

Hal ini terjadi karena kebanyakan para wanita di kota-kota besar, memiliki kesibukan dengan pekerjaannya. Untuk berkonsultasi dengan dokter terkait alat kontrasepsi yang akan digunakan, seringkali menimbulkan hambatan berupa waktu yang terbatas.

"Kalau dokter kadang memiliki waktu konsultasi tertentu, sulit dipaskan dengan jam kosongnya para wanita karier. Bidan karena mudah dijangkau kapan saja, akhirnya menjadi pilihan untuk memasang alat kontrasepsi," ujar Ketua PP IBI, Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes., kepada VIVA,co.id, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain Cegah Hamil, Dokter Sebut Alat Kontrasepsi Ini Kurangi Risiko Kanker Rahim 50 Persen

Selain waktu yang lebih fleksibel, bidan juga cenderung memposisikan dirinya sebagai sahabat para wanita. Para bidan akan membangun komunikasi yang terbuka dengan para pasiennya.

"Kita gak ada gap dengan pasien. Bidan akan menyediakan waktu untuk mendengar curhatan para wanita sekaligus memberikan edukasi juga tentang organ reproduksi," jelasnya.

Pakai KB Spiral 8 Tahun? Hati-Hati Dampaknya, Begini Penjelasan dokter Boyke

Keterbukaan dalam berkomunikasi, memberikan waktu untuk para pasien bisa semakin leluasa membicarakan keluhannya terkait masalah reproduksi. Selain itu, salah satu daya tarik bidan juga terdapat pada segi keuangan.

"Memasang kb di bidan itu murah, makanya tidak heran banyak wanita yang memilih ke bidan," jelasnya. (ren)

Hutan Kota UKI

Ternyata Setiap Malam Ratusan LGBT Datang ke Hutan Kota UKI, Sudah Berlangsung 10 Tahun

Seorang pedagang yang berjualan di sekitar HutanKota UKI Adwen Tanjung mengungkap adanya aktivitas seks menyimpang yang dilakukan kaum LGBT telah berlangsung 10 tahun.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2023