Persiapan Penting Suami Istri Saat Rencanakan Kehamilan

Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay/ ekseaborn0

VIVA.co.id – Meski kehamilan adalah suatu anugerah, namun bukan berarti tidak dilakukan persiapan. Sebab, pasangan suami istri diharapkan mulai mempersiapkannya bahkan sebelum menikah.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Perlu dipahami, kehamilan merupakan kondisi yang harus dipersiapkan. Namun, persiapan kondisi tubuh untuk menjalani proses kehamilan, justru sering diabaikan.

"Kehamilan kondisi yang harus disiapkan, bukan sebuah kejutan. Persiapannya dimulai sebelum nikah yaitu premarital checking," ujar spesialis kandungan, dr. Ridwan Mahmuddin SpOG, kepada VIVA.co.id di RS Evasari, Jakarta.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Premarital Checking, lanjut Ridwan, bisa mendeteksi penyakit yang diidap oleh kedua pasangan, yang mungkin saja diturunkan pada anaknya, mencakup penyakit talasemia, asma dan dermatitis lainnya.

"Penyakit keturunan atau ada penyakit infeksi yang bisa ditularkan melalui gangguan seksual misal sifilis, hepatitis B, atau HIV AIDS," lanjut Ridwan.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Kemudian, menurut Ridwan, persiapan yang juga patut diperhatikan yaitu asupan makanan. Di mana, asupan makanan yang dikonsumsi harus mampu menunjang kesuburan.

"Prinsip makanannya mengandung protein, antioksidan cukup serta kebutuhan gizi lain seperti lemak. Ingat juga makanan harus bervariasi agar kebutuhan gizinya saling melengkapi," kata dia.

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024