Kapan Waktu yang Tepat Konsultasikan KB?

Kalender
Sumber :
  • Pixabay/Inspiredpictures

VIVA.co.id – Kebanyakan para wanita cenderung belum memahami mengenai alat kontrasepsi yang ingin mereka gunakan. Ternyata, waktu paling tepat dalam mempelajarinya yaitu di saat trimester akhir kehamilan.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

"Justru itu harus dilakukan konsultasi saat trimester akhir. Pada saat hamil, diberi paparan, jadi sebaiknya sudah memutuskan nantinya setelah melahirkan akan menggunakan alat kontrasepsi apa," ujar Ketua PP IBI, Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes., kepada VIVA.co.id di Plaza Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Saat kehamilan di trimester akhir, bidan sebaiknya memaparkan info mengenai ragam jenis alat kontrasepsi. Selain itu, pemberian informasi mengenai efek samping dari masing-masing alat kontrasepsi, juga harus dipaparkan.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

"Itu yang harus disampaikan bagaimana cara kerja, efektifitas dan efek samping dari masing-masing alat kontrasepsi. Ini gunanya alat-alat penyuluhan untuk para wanita," katanya.

Hal ini sudah menjadi standar asuhan ibu hamil bagi para bidan. Sehingga, melakukan penyuluhan terkait alat kontrasepsi, sudah bisa dipersiapkan oleh para wanita hamil kelak.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

"Jadi mereka nanti sudah siap mental dan fisik, karena sudah paham bagaimana efek dari pemakaian jenis-jenis kontrasepsi itu. Dan keputusan pemakaiannya, ada di diri setiap wanita nantinya," kata dia.

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024