Studi: Punya Hobi Rekreasi Bikin Ingatan Tetap Tajam

Ilustrasi melakukan perjalanan wisata.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Seseorang yang memiliki banyak hobi di usia pertengahan cenderung terhindar dari risiko demensia ketika usia mereka bertambah, seperti dibuktikan sebuah penelitian. 

4 Hobi yang Bisa Buat Ingatanmu Semakin Tajam

Mereka yang terlibat dalam kegiatan rekreasi di usia 40 dan 50 tahunan memiliki ingatan dan tes berpikir yang baik ketika mereka mendekati 80 tahun. 

Orang-orang yang lebih aktif secara fisik antara usia 60 dan 75 juga lebih mungkin tetap memiliki mental yang tajam. Para peneliti dari Universitas Edinburgh dan Heriot-Watt menguji lebih dari 500 orang berusia 79 untuk tes memori, pemecahan masalah dan kemampuan berpikir umum.

Lima Cara Sederhana Mengasah Ingatan

Para peserta kemudian dites ulang untuk tes pemikiran yang sama setiap tiga atau empat tahun sampai usia 90. Setiap orang memberikan rincian kegiatan mereka di usia 20 sampai 35, 40-55 dan 60 sampai 75 tahun.

Peneliti menggunakan model statistik untuk menganalisis bagaimana tingkat olahraga dan aktivitas fisik seorang di  periode yang berbeda dari kehidupan itu terkait dengan kemampuan berpikir mereka.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Tim peneliti ini memperhitungkan hasil tes kecerdasan yang diambil dari peserta ketika mereka berusia 11 tahun. Mereka juga memperhitungkan faktor gaya hidup saat ini, seperti pendidikan dan status sosial-ekonomi, untuk penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal of Gerontology.

Mereka yang memiliki kegiatan rekreasi di usia pertengahan ditemukan memiliki tingkat kemampuan berpikir yang lebih tinggi di usia tua. Dan orang-orang yang lebih aktif secara fisik berusia antara 60 dan 75 tahun ditemukan terhindar dari penurunan kemampuan berpikir di saat tua.

 Traveling

Generasi Milenial Lebih Rela Habiskan Duit untuk Rekreasi

Dikarenakan kebutuhan melarikan diri dari kondisi stres.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2018