Menyelami Adat Budaya Tionghoa dalam Film The Last Barongsai

Adegan di Film The Last Barongsai
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Indonesia memiliki beragam budaya. Bahkan, budaya dari luar Indonesia ikut menyatu di Tanah Air. Salah satunya, budaya Tionghoa.

Meneropong Karier Stani Arifasti, dari Sinetron Lokal hingga Film Internasional

Menjawab fenomena tersebut, sebuah film berjudul The Last Barongsai muncul dengan mengangkat tema drama keluarga.

Dikisahkan, Gunadi alias Aguan (Dion Wiyoko) baru saja mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi S-1 ke Singapura. Bersamaan dengan itu, sang ayah Handoyo alias Kho Huan (Tio Pakusadewo), seorang perancang meubel berukiran ala Tionghoa mendapat surat undangan untuk bertanding dalam kompetisi Barongsai.

Perjalanan Karier Komika Babe Cabita, Juara SUCI 3 Kini Bisnis Kuliner

Handoyo selalu ragu dengan kompetisi itu, mengingat dia masih trauma dengan kepergian sang istri dan ibu dari anak-anaknya yang menurutnya terlalu fokus dengan kegiatan perkumpulan Barongsainya.

Di sisi lain, Aguan bersikukuh mengikuti kompetisi tersebut dengan dibantu Azis (Azis Gagap) dan kawan-kawan. Konflik batin terjadi karena sang ayah kesal dengan anaknya yang terlalu fokus dengan Barongsai, serta sederet konflik lainnya yang menghinggapi.

Ditonton 100 Ribu Orang, Film Onde Mande! Tambah Layar

Muatan budaya banyak dimasukkan ke dalam The Last Barongsai, seperti toleransi antar agama, suku dan ras. Hal ini disampaikan oleh sang sutradara, Ario Rubbik.

"Akulturasi budaya Tionghoa dan Indonesia itu sudah kental. Apalagi, isu SARA juga kerap mencuat sehingga digaraplah film ini," ujarnya, di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Pemeran utama, Dion Wiyoko, punya pandangannya tersendiri. Apapun itu perbedaan yang terjadi dan direpresentasikan dalam film, ia ingin agar budaya menghargai perbedaan itu nyata mengingat Indonesia sendiri amat mengusung nilai-nilai itu.

"Saya China Surabaya tapi yang jelas orang Indonesia, jadi jangan disebut China. Begitu saya baca skripnya, saya suka film ini karena ada unsur kebhinekaannya," tutur Dion, menanggapi salah satu pertanyaan yang diajukan.

Selain yang telah disebutkan di atas, sederet pemeran lainnya hadir mewarnai film ini dari kalangan muda sampai yang senior yakni Tio Pakusadewo, Hengky Soelaiman, Rano Karno, Suti Karno dan Furry Citra. The Last Barongsai tayang serentak di bioskop tanah air pada tanggal 26 Januari 2017, menyambut Hari Imlek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya