Beruang di Kebun Binatang Bandung Bikin Pengunjung Penasaran

Beruang di Kebun Binatang Bandung
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Suparman/ Bandung

VIVA.co.id – Kebun Binatang Bandung (KBB) sempat jadi sorotan setelah sejumlah media asing memberitakan bahwa beruang madu, salah satu koleksi dari kebun binatang tersebut mengalami kelaparan dan terlihat kurus.

Viral Terekam Panda Duduk Santai Layaknya Manusia

Kondisi beruang yang kurus tersebut direkam dalam video, dan video tersebut menjadi viral bahkan jadi perhatian dunia. Namun, setelah video tersebut menjadi sorotan, hal itu justru tidak berdampak buruk terhadap kedatangan pengunjung.

Humas Kebun Binatang Bandung, Sudaryo menjelaskan, kedatangan pengunjung pada akhir pekan tetap seperti pekan sebelumnya. Pada akhir pekan, Kebun Binatang Bandung dikunjungi 1.100 orang.

Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

"Dikatakan menurun juga tidak. Sampai jam 14:00 WIB, mencapai 680 orang, ada rombongan dari Garut, Ciamis, Cimahi yang lainnya reguler. Dari angka ini, 40 persen nambah sampai jam 16:00 WIB," kata Sudaryo di sela rapat pembahasan Beruang Kardit bersama BKSDA Provinsi Jawa Barat dan Yayasan Scorpion Indonesia di Kebun Binatang Bandung, Sabtu, 21 Januari 2017.

Bahkan, beredarnya video kondisi Beruang yang disebut-sebut mengenaskan itu, memancing perhatian pengunjung. Sudaryo mengimbau masyarakat, dengan beredarnya video tersebut, agar tidak langsung menilai buruk, pengelolaan kebun binatang Bandung.

Momen Langka! Bayi Beruang Hitam Himalaya Berhasil Lahir di Bali Safari 

"Tidak ada dampak, tapi justru pengunjung penasaran. Jadi tidak ada pengaruh menurun, berharap agar masyarakat tahu lebih jelas satwa itu sehat, ya datang ke sini," ujarnya menambahkan.

Sudaryo menegaskan, dalam pemeliharaan satwa, pihaknya lebih memprioritaskan kualitas kondisi dibandingkan ukuran gemuk hewan. "Kami sebagai pengelola bukan berbicara kurus dan gemuk, tapi adalah sehat," katanya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah situs media asing heboh memberitakan kondisi beruang di Kebun Binatang Bandung. Dalam artikelnya, rata-rata menggambarkan kondisi beruang yang kurus dan mengemis makanan dari para pengunjung.

Sampai dengan pukul 15:00 WIB, keberadaan pengunjung terus masuk dari pintu masuk gerbang. Tak sedikit mereka melihat kondisi beruang yang bernama Kardit itu.

Salah satu pengunjung asal Bandung, Yulli Saputra mengatakan, selain ingin melihat hewan secara keseluruhan, hebohnya kabar beruang tersebut diakui memancing penasaran. "Kalau lihat viralnya penasaran, bagaimana kondisi beruangnya," kata Yulli. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya