Menikmati Lezatnya Daging Sapi Kualitas Tinggi Asal Jepang

Hidangan daging sapi Matsuzaka A5 (wagyu dengan level tertinggi)
Sumber :
  • Viva.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Daging di Jepang diberi nama berdasar daerahnya, seperti daging Matsusaka, Mishima, Kobe. Daging sapi Jepang atau yang disebut wagyu terkenal sebagai daging berkualitas tinggi dengan kandungan lemak tak jenuh berminyak dalam jumlah besar dan pola marmer pada dagingnya.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Berbeda dengan daging pada umumnya, daging sapi wagyu ini terasa meleleh di dalam mulut, sangat lembut. Di antara jenis daging sapi wagyu yang ada di Jepang, daging sapi Matsuzaka disebut-sebut sebagai daging sapi terempuk di dunia.

Daging sapi Matsuzaka A5 (wagyu dengan level tertinggi) umumnya dijual dengan harga jutaan rupiah per gramnya. Dan tak perlu jauh-jauh untuk mencoba daging berkualitas tinggi ini, karena sebuah restoran di kawasan Sudirman Central Business District atau SCBD kini menyediakan daging tersebut.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Restoran yang juga ada di Jepang ini menyediakan hidangan fusion Jepang yang telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

"Fukuro ini konsepnya Japanese cuisine, ada autentik makanan juga, dan baru ada konsep teppanyaki di sini. Signature kita daging, unagi," kata Rio Okawa, pemilik Fukuro di SCBD, Jakarta.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Menurutnya, kebiasaan masyarakat Indonesia untuk makan di restoran hanya sekali dalam sebulan, untuk itu dia berusaha memberikan layanan makanan, dan suasana yang nyaman, sehingga konsumen tidak akan merasa bosan jika sering datang.

"Orang Indonesia kalau makan di restoran sekali sebulan cukup, kita berusaha bagaimana maintain pelayanan, kadang ada musik, event, pokoknya kalau di sini ada sesuatu yang baru," ujarnya.

Dan mengenai hidangan signature daging yang disebutkan oleh Rio di atas, sajian daging wagyu Matsuzaka merupakan salah satu yang menjadi unggulan. Tekstur daging yang empuk dan juicy serta pengolahan yang tepat membuat setiap iris daging yang disajikan seakan meleleh di dalam mulut.

"Saat mengolah, pan harus panas karena kalau tidak panas juicy-nya keluar. Bumbunya garam secukupnya. Tingkat kematangan medium rare," ujar Chef Hideki Fujiwara.

Suasana restoran yang nyaman ditambah masakan yang lezat membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan. Berkantong pas-pasan? Tenang karena restoran ini juga menyediakan salad jamur, Mushroom Kinako Salad dengan dressing khusus yang terasa sedikit manis, namun tetap lezat berpadu dengan jamur, seperti shiitake, enoki, eryngii.

Anda juga bisa mencicip berbagai jenis sushi dengan harga mulai Rp75 ribu. Dan bicara soal hidangan Jepang, tentu tidak bisa dijauhkan dari matcha atau teh hijau. Suka es serut, di sini juga tersedia dalam porsi besar, cukup untuk berempat, dengan rasa matcha, lengkap dengan kacang merah lezat.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya