Asupan Gizi Pengaruhi Perkembangan Mental Anak

Ilustrasi anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/vikvarga

VIVA.co.id – Asupan gizi anak usia dini ternyata dapat memengaruhi perkembangan mental mereka kedepannya. Karena itu, seorang ibu sebaiknya memberikan asupan gizi yang cukup untuk anak agar pertumbuhan mereka bisa baik dalam hal sosial maupun pendidikan.

20 Negara dengan Tingkat Stunting Tertinggi di Dunia, Indonesia Bersyukur

Psikologi anak, Mellisa Critia, mengungkapkan setiap anak yang mendapatkan gizi yang seimbang akan memiliki fisik yang ideal, sehingga membuat mereka lebih percaya diri dalam bermain atau bersosialisasi.

"Perkembangan fisik karena diberi makanan-makanan dengan gizi seimbang, maka ketika dia tumbuh sama seperti teman-teman lainnya anak merasa percaya diri," ujar Mellia saat mengisi TalkShow berteman Pesta Anak Indonesia, di kawasan Pal Merah, Jakarta Barat, Minggu 22 Januari 2017.

Cara IDSurvey Dukung Penurunan Angka Stunting Anak Indonesia

Mellia juga mengatakan setiap anak-anak yang sehat secara fisik maka perkembangannya sesuai dengan teman-teman seusianya.

"Dari situ kesehatan mentalnya terbangun anak merasa disayang oleh orang tua karena asupan gizinya terjaga," tuturnya lagi.

Banyak Anak Konsumsi Makanan Kurang Bergizi, Ahli Sarankan Ibu Masak Sesuai Selera Buah Hati

Sebaiknya, orangtua bisa memberikan asupan gizi yang lebih variatif dan memberikan anak menu-menu baru agar si buah hati mendapat asupan gizi yang beragam, selain itu memberikan tantangan kepadanya untuk merasakan menu rasa yang baru.

"Anak itu tidak diajarkan mencoba makanan yang baru, tapi Kesibukan atau kemalasan orangtua mengakibatkan mereka memberikan makanan yang itu-itu saja atau hanya  yang di sukai anak, ketika percaya diri rusak anak jadi malu berinteraksi, di juga takut mencoba hal baru karena asupan makannya kurang bervariatif," lanjut Mellia. (ren)

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah

Jurus Ampuh Papua Basmi Stunting, Dokter Hasto Berikan Strategi Jitu

Yang menarik dalam pertemuan ini, perwakilan delapan kabupaten berkomitmen mengalokasikan anggaran tambahan yang bersumber dari APBD untuk atasi stunting

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024