Yang Perlu Dilakukan Penumpang Ketika Pesawat Alami Musibah

Ilustrasi kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kemungkinan terjadi kecelakaan pesawat adalah satu banding 1,2 juta penerbangan. Namun jika Anda kebetulan menjadi salah satu dalam kecelakaan pesawat tersebut, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kesempatan bertahan hidup.

Haram! Ini 9 Tempat yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat Terbang

Seorang mantan pramugari United Airlines berbagi tips mengenai hal-hal yang perlu Anda lakukan jika terjadi penerbangan yang tidak diinginkan. Termasuk melindungi diri dari jatuhnya bagasi di atas kepala, posisi ketika terjadi kecelakaan, dan lainnya. Berikut cara menyelamatkan diri saat terjadi kecelakaan pesawat, seperti dilansir laman Daily Mail.

Tahu cara untuk memilih posisi terbaik

PKB Tolak Aturan Wajib PCR Bagi Penumpang Pesawat

"Jika di depan Anda ada kursi, silangkan tangan Anda di kursi tersebut, dan dekatkan kepala ke tangan yang di silangkan," kata Cheryl A Schwartz seorang mantan pramugari yang telah pensiun. Dengan posisi tersebut kemungkinan leher atau kepala cedera semakin kecil.

"Jika tidak ada kursi di depan Anda, membungkuk sejauh yang Anda bisa dan ambil posisi kaki di belakang lutut, dan jaga sabuk pengaman agar tetap ketat."

Gak Mau Kalah dari Honda, Yamaha Bikin Pesawat Terbang

Lindungi diri Anda dari bagasi yang jatuh

Schwartz mengatakan, "Lindungi kepala, leher dengan selimut, jaket, mantel, atau apa pun yang bisa meredam dari terkena bagasi yang jatuh dari tempat penyimpanan di atas kepala."

Tinggalkan barang bawaan Anda selama evakuasi

"Kami dilatih untuk mengevakuasi penumpang dengan waktu yang dimiliki selama 90 detik untuk mengevakuasi 600 penumpang atau 30 penumpang, dan barang tidak termasuk dalam latihan tersebut," ujar Schwartz.

Pastikan segera beranjak dari tempat duduk, dan menuju pintu keluar pesawat terdekat jika terjadi kecelakaan pesawat, dan bantu orang lain jika bisa. Kemudian menjauh dari pesawat sejauh mungkin untuk menghindari kemungkinan ledakan.

Jangan menunggu seseorang untuk menyelamatkan Anda

"Kadang-kadang penumpang hanya menunggu seseorang untuk memberitahu mereka cara membuka sabuk pengaman dan keluar, atau mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ini mengapa Anda harus mengetahui apa yang perlu dilakukan ketika terjadi kecelakaan pesawat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya