Alasan Paling Umum Orang Enggan Olahraga

Gym
Sumber :
  • Pixabay/ xusenru

VIVA.co.id – Banyak yang mengakui sangat sulit untuk bergerak aktif dan berolahraga secara rutin. Ternyata, beberapa faktor ini menjadi yang paling banyak dikeluhkan masyarakat Indonesia untuk memiliki gaya hidup aktif.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Menurut survei yang dilakukan Sun Life Financial, faktor-faktor yang paling banyak disebutkan masyarakat Indonesia, yang dapat menghambat terwujudnya kehidupan lebih sehat mencakup bekerja (44%), distraksi (36%), dan biaya besar untuk olahraga (35%).

"Jadi bisa dikatakan alasan paling banyak orang jadi jarang olahraga yaitu kurang waktu karena harus bekerja, kurang motivasi karena ada distraksi, dan kurang biaya," ujar spesialis kedokteran olahraga, dr Rachmad Wishnu, SpKO, ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa 24 Januari 2017.

Dampak Fatal Tubuh Kekurangan Vitamin B Kompleks, Ibu Hamil Harus Hati-hati

Menurut Rachmad, dari ketiga hal itu, yang paling penting adalah memiliki motivasi. Sebab, saat memiliki motivasi kuat, maka kegiatan bergerak aktif dan berolahraga akan terasa mudah.

"Ketika mau olahraga teratur, harus mau sediakan waktu khusus. Nah, harus dibentuk dulu motivasi apa yang ingin dicapai baru akan menciptakan perilaku gemar berolahraga," lanjutnya.

Asam Urat Bisa Sebabkan Penyakit Jantung dan Stroke, Lakukan 5 Cara Pencegahan Ini

Selain itu, bentuk komitmen bersama keluarga untuk sama-sama memiliki motivasi yang sama. Sehingga, sikap berolahraga aktif bisa semakin menyenangkan bersama keluarga terdekat.

"Dengan keluarga harus aktif berolahraga bersama. Kebanyakan sama keluarga itu lebih buat makan-makan saja, padahal kalau mau berusaha lebih, komitmen keluarga bisa dibentuk dengan berolahraga."

Ilustrasi begadang.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Begadang merupakan kebiasaan tidur lebih malam dari waktu tidur normal. Kebiasaan ini sering dilakukan dengan berbagai alasan, seperti selesaikan pekerjaan salah satunya.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024