Jenis Potongan Daging Sapi yang Paling Sehat

Daging merah.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Masih banyak orang yang memilih untuk tidak mengonsumsi daging karena alasan kesehatan. Padahal, daging merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling baik bagi tubuh. Apapun pernyataan yang mengatakan bahwa konsumsi daging merah memicu sejumlah penyakit seperti kanker dan jantung koroner, itu hanyalah mitos belaka.

Konsumsi Daging Merah Terlalu Sering, Penyakit Ini Mengintai

Itu diungkapkan oleh ahli gizi, Emilia Achmadi. Ia menjelaskan, bukan daging merah yang menjadi pemicu berbagai penyakit tersebut, melainkan jumlah konsumsi, cara mengolah dan frekuensi konsumsinya yang salah.

"Bukan daging yang salah, tapi kita tidak tahu memilih, memilah, dan tidak bisa menahan diri ketika ada seporsi steik di depan kita dengan ukuran yang terlalu besar buat kita," kata Emilia pada acara bertajuk ‘Roundtable Discussion: Nutrisi dan Gizi Masyarakat’ di Hotel Grandhika Iskandarsyah, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2017.

Jaga Kesehatan Tubuh di Masa Pandemi dengan Konsumsi Daging Merah

Jadi, bukan artinya kita menghindari konsumsi daging merah, tapi harus mengerti memilih jenis potongan yang tepat.

Seperti diketahui, di pasaran ada banyak jenis potongan daging seperti tenderloin, sirloin, rib eye dan sebagainya. Namun, dari segi kualitas, potongan yang memberikan zat besi dan protein tinggi serta kolesterol dan lemak rendah adalah tenderloin.

Ahli: Seminggu Harus Makan Daging Merah 3 Kali

"Jadi, kalau Anda ingin mendapatkan manfaat dari daging merah, pilihlah yang tenderloin," kata Emilia.

Selain potongan, Anda juga harus mengetahui apa pakan sapi tersebut karena itu menentukan kualitas produk dagingnya. Sapi secara alami memakan rumput. Jika konsumsi rumputnya tinggi, maka kandungan kolesterolnya menjadi rendah. Selain itu, lemak negatifnya juga rendah, sementara lemak positifnya yaitu kandungan omega-3 tinggi.

Meski sudah memperhatikan jenis potongan, Anda juga harus memperhatikan porsi yang Anda konsumsi. Untuk satu porsi, ukuran idealnya adalah 100 gram atau sebesar telapak tangan.

Daging merah

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya