RI Ingin Makin Banyak Turis China Datang untuk Liburan Imlek

Perayaan imlek.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA.co.id – Perayaan Imlek tahun 2017 menjadi momentum bagi Indonesia untuk menyedot makin banyak wisatawan mancanegara, khususnya dari China. Banyak tempat di Tanah Air yang menawarkan kemeriahan suasana Imlek.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara dari Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, mengungkapkan pihaknya telah menetapkan target 15 juta wisman pada 2017. Target kunjungan terbesar adalah wisman dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

"Perayaan Imlek ini tentu menjadi nilai tambah buat Indonesia untuk mendatangkan wisatawan, khususnya dari Tiongkok dan negara-negara lainnya," ujar Pitana, Kamis 26 Januari 2017.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Kemenpar menargetkan sedikitnya 2,45 juta wisman tahun ini berasal dari Tiongkok dan sekitarnya (Greater China). Dengan demikian China menempati urutan pertama dari lima sumber turis utama bagi Indonesia.

“Tahun 2017 kita menargetkan 15 juta wisman. Sebanyak 2.453.000 wisman di antaranya dari Greater China,” kata Pitana.

Akibat Corona, Jumlah Wisman ke RI Anjlok dan Cuma Ratusan Ribu

Lalu, turis dari Singapura sebanyak 2,275 juta jiwa. Urutan ketiga adalah turis Eropa dan Amerika Serikat sebanyak 2,198 juta orang. Di urutan keempat adalah turis dari Australia dengan angka 1,816 juta orang, dan kelima dari Malaysia sebanyak 1,772 juta jiwa.

Pitana mengungkapkan, kunjungan wisman dari China Raya meningkat pesat dalam dua tahun terakhir. Padahal, tiga tahun lalu, China menempati urutan ke-4, setelah Singapura, Malaysia, dan Australia. (ren)

Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Demi meyakinkan wisatawan, khususnya dalam negeri, Sandiaga Uno telah meninjau langsung beberapa destinasi wisata di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021