Tiga Rempah Ini Diklaim Mampu Memberikan Umur Panjang

Ilustrasi rempah.
Sumber :
  • Pixabay/Taken

VIVA.co.id – Beberapa jenis rempah, tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan, tapi diyakini juga mampu menangkal ragam penyakit. Bahkan, studi terbaru menemukan beberapa jenis makanan yang mampu mencegah kematian dini.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Studi dari University of Vermont menemukan bahwa konsumsi cabai merah dikaitkan dengan penurunan 13 persen angka kematian seseorang. Bahkan, sebuah studi pada 2014 lalu menemukan fungsi cabai yang mampu menjaga tubuh dari rasa sakit.

Kandungan cabai yang memberikan efek baik itu dinamakan capcaisin. Selain cabai, jenis rempah lainnya juga dipercaya dapat membuat usia lebih panjang, dikutip dari laman Medical Daily.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

1. Jahe

Jurnal Agricultural and Food Chemistry di American Chrmical Society menemukan, jahe juga memiliki capcaisin, yaitu mengandung senyawa kimia baik bernama 6-gingerol. Studi yang dipublikasikan pada September lalu ini menjelaskan bahwa senyawa tersebut dapat menurunkan risiko kanker.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

2. Lobak pedas

Konsumsi lobak pedas ternyata memiliki banyak keuntungan seperti melawan kanker serta meningkatkan tubuh untuk perlawanan penyakit lain. Menurut studi dari University of Illinois, cukup setengah sendok teh dari lobak pedas, dapat memberikan tubuh manfaat kesehatan yang banyak.

3. Wasabi

Rasa pedas pada wasabi mengandung antimikroba, di mana dapat membantu tubuh membuang ragam bakteri. Menurut Healty Eating, wasabi juga sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu tubuh mencegah serangan penyakit jantung dan stroke. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya