Kenali Perubahan Alat Vital Wanita Usai Bercinta

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing
Sumber :
  • pixabay/holdosi

VIVA.co.id – Sebagian besar wanita, mungkin menemukan perubahan pada area intimnya usai berhubungan seks. Namun, tidak sedikit juga wanita yang merasa khawatir akan perubahan tersebut.

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Perubahan pada area vagina usai berhubungan seks, memang sering menimbulkan kekhawatiran akan timbulnya penyakit. Perubahan ini aman dan umum dialami wanita pasca bercinta.

Berikut ini beberapa perubahan pada area intim wanita pasca berhubungan seks yang perlu Anda ketahui –  seperti dikutip dari laman Glamour:

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

1. Sedikit membengkak

Vagina yang bengkak usai berhubungan seks, merupakan hal yang wajar. Menurut spesialis ObGyn, Maureen Whelihan, struktur vagina yang elastis akan ereksi usai berhubungan seks. Darah akan mengalir banyak ke organ intim tersebut sehingga membuatnya nampak sedikit bengkak.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

2. Rasa terbakar saat buang air kecil

Sensasi panas ini dinamakan mikro-abrasi usai wanita berhubungan seks. Hal ini wajar. Namun jika hal ini terjadi, disarankan agar tidak membasuh vagina secara berlebihan. Dan saat hal ini membuat rasa tidak nyaman, Anda boleh membasuhnya dengan air hangat.

3. Gatal

Rasa gatal usai berhubungan seks, dikaitkan dengan beberapa alasan. Biasanya, ini terkait iritasi saat adanya pergesekan atau sensitif pada karet kondom. Alasan pertama, tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika jawabannya adalah karena sensitif bahkan alergi karet kondom, segera konsultasi dengan dokter.

4. Kering

Hal ini cenderung dikaitkan dengan kurangnya lubrikasi saat berhubungan seks. Alasan lainnya, yaitu mungkin saat buang air, Anda membasuh vagina terlalu berlebihan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya