Mi Instan Ternyata juga Punya Kandungan Baik

Mi instan.
Sumber :
  • Pixabay/digitalphotolinds

VIVA.co.id – Selama ini banyak yang beranggapan bahwa mi instan tidak baik dikonsumsi. Apalagi, sering direkomendasikan untuk mengganti air atau kuahnya, agar terhindar dari efek buruk.

Sering Makan Mi Instan? Hati-hati, Ginjalmu Bisa Bermasalah!

Namun, siapa sangka jika mi instan juga punya kandungan-kandungan baik. Ya, terigu yang digunakan untuk membuat mi instan terdiri dari lima jenis zat besi yang dibutuhkan tubuh.

"Terigunya mengandung lima jenis zat besi yaitu FE, ZN, asam folat, vitamin B1 dan vitamin B2. Kalau airnya diganti, justru vitamin dari kuah rebusannya itu terbuang," ujar ahli gizi, Dr Marudut, MPS, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2017.

TERPOPULER: Kisah Mualaf Cucu Gubernur Sumbar Hingga Larangan Konsumsi Mie Instan Saat Sahur

Sebab, Marudut meyakini, proses pengolahan terigu dari mi instan, telah disesuaikan dengan aturan pemerintah dalam memasukkan kandungan zat besi itu. Namun, Marudut menyarankan agar penyajian mi instan beserta kuahnya, tetap ditambah dengan asupan gizi lainnya.

"Mie instan tentu aman karena sudah diverifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), hanya bagaimana cara konsumsinya. Sudah ada sumber karbohidrat, maka tambahkan dengan sumber protein dan sayuran agar tercukupi kebutuhan gizinya," ucapnya.

Jangan Konsumsi Mie Instan Saat Sahur, Kenapa? Simak Ini penjelasannya

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa meski aman dikonsumsi, mi instan tentu tidak disarankan untuk dimakan setiap hari. Diperlukan ragam variasi sumber karbohidrat lain agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap lengkap.

"Tentu jangan dimakan setiap hari, agar makanannya bervariasi. Dan saran penyajian mi instan harus lengkap yaitu ada sayur dan telur," kata dia. (one)

Ilustrasi mie instan.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Mie instan adalah makanan cepat saji yang populer di seluruh dunia, termasuk di kalangan umat Muslim selama bulan Ramadan. Namun, hal ini kurang baik untuk kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024