Ragam Manfaat Kandungan Protein dalam Susu

Susu
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA.co.id – Tidak bisa dipungkiri, susu merupakan sumber protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bahwa protein dalam susu nyatanya dapat memberikan manfaat kesehatan yang sangat luas.

Pengakuan Miris Pencuri di Minimarket Semarang Setelah Diamankan Polisi

Perlu diketahui, susu mengandung sumber zat gizi makro dan mikro, di mana kandungan makro mencakup protein, lemak, dan karbohidrat. Sedangkan kandungan mikro, mencakup vitamin dan mineral (kalsium). Nah, usus manusia sangat mudah menyerap berbagai kandungan dalam susu, khususnya protein.

"Data FAO (Food and Agriculture Organization) tahun 2012, terbukti pada manusia, 95 persen kandungan susu mampu dicerna dengan baik oleh usus dan penyerapannya akan sangat tinggi. Hal ini berdampak pada kebutuhan protein manusia yang memperkuat sistem imunnya," ujar ahli gizi, Dr. Marudut, MPS saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis 26 Januari 2017.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Kemudian, sistem imun manusia dibentuk oleh imunoglobulin, di mana ia disusun oleh rangkaian protein di tubuh. Angka protein yang tercukupi tubuh juga mampu menjaga berat badan dan tinggi badan seseorang.

"Manfaat susu pada anak-anak yang berdampak hingga dewasa, yaitu protein yang mencukupi, berpengaruh pada pencegahan morbiditas, sehingga hal itu berkaitan dengan berat badan dan tinggi badan yang signifikan," ucapnya menjelaskan.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Sebab itu, kebutuhan protein dan kalsium pada anak harus diberikan, guna menjaga perkembangan tubuhnya. Ada cara tepat mengonsumsi susu, agar proteinnya terserap dengan baik.

"Konsumsi susu harus dikocok dulu, agar proteinnya diserap dengan baik. Karena, kalau tidak dikocok, protein mengendap di bawah dan proteinnya menjadi tidak diasup tubuh," katanya menambahkan. (asp)

Seorang Pelajar Ditangkap di Bandara Setelah Menyelundupkan Narkoba

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

 Seorang pria kewarganegaraan Inggris ditangkap setelah kedapatan menyelundupkan kokain yang disamarkan sebagai susu saat ia tengah keluar dari Kolombia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024