Tips Cegah Gingivitis pada Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang penting agar tidak terjadi gusi berdarah yang nantinya bisa menjadi gingivitis. Gingivitis merupakan penyakit kronis pada gigi yang disebabkan menumpuknya plak, dan berasal dari sisa makanan.

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Penyakit ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena pada kasus tertentu penyakit ini bisa menyebabkan ibu hamil melahirkan bayi secara prematur.

"Gingivitis pada kehamilan sering terjadi, dan pada umumnya pada bulan kedua kehamilan. Bila sudah mengidap sebelum hamil, kondisi akan lebih parah, jika tidak dirawat akan jadi periodontitis," kata drg. Mira Madjid, MPH Sp Perio, dalam acara grand launching Amara Skin and Aesthetic Center, RSU Bunda, Menteng, Jakarta, Senin 30 Januari 2017.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

"Penelitian menunjukkan ada hubungan erat dengan kelahiran prematur, berat badan yang rendah pada bayi baru lahir," dia menambahkan.

Untuk itu, perlu dilakukan pencegahan, agar ibu hamil tidak mengalami persalinan prematur akibat gingivitis. Mira pun memberikan tipsnya. ”Dapat dicegah dengan cara menjaga gigi selalu bersih, terutama daerah tepi gusi," katanya.

5 Golongan yang Wajib Membayar Fidyah, Muslim Wajib Tahu

Selanjutnya, yang juga harus dilakukan, sikat gigi dua kali sehari dan setiap habis makan jika bisa. "Sikat gigi pilihlah yang berkepala kecil dan memiliki bulu lembut," kata Mira. 

Dan jangan lupa, gunakan benang gigi atau sikat interdental untuk membersihkan sela gigi, area di sekitar mahkota tiruan, Bridge, dan gigi dengan titik kontak yang renggang. Nutrisi yang baik juga diperlukan karena akan membuat gusi dan rongga mulut sehat serta kuat.

Perbanyak juga vitamin B12 seperti susu, telur, yogurt  tempe, tahu, daging, ayam, juga makanan yang mengandung vitamin C seperti pepaya, brokoli, kale, jeruk, kembang kol, dan stroberi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya