TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Diet Mediterania untuk Kesehatan Mental Penderita HIV

Diet mediterania mampu memenuhi 100 persen dari kebutuhan kalori.
Diet Mediterania untuk Kesehatan Mental Penderita HIV
Ilustrasi buah dan sayur untuk prgram diet (Pixabay)

VIVA.co.id – Mengonsumsi makanan dengan metode diet mediterania, ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental pada pasien dengan HIV positif dan diabetes tipe 2. Penelitian telah membuktikan diet ini.

Diet mediterania ialah diet yang kaya buah-buahan segar dan sayuran, protein tanpa lemak, tinggi lemak sehat, dan juga rendah gula.

Orang dengan diabetes yang mengonsumsi makanan bergizi menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik, dan kurangnya angka kejadian rawat inap. Mereka juga mengonsumsi lebih sedikit gula dan menurunkan berat badan.

"Kami melihat perbaikan yang signifikan dalam keamanan pangan dan hasil yang berkaitan dengan semua tiga mekanisme yang memengaruhi HIV dan kesehatan diabetes, kesehatan mental, dan perilaku," kata Kartika Palar, asisten profesor di University of California, San Francisco (UCSF), AS.

Diet mediterania mampu memenuhi 100 persen dari kebutuhan kalori harian untuk orang yang hidup dengan HIV dan diabetes tipe 2.

Para pasien juga memiliki gejala depresi ringan dan minimnya risiko untuk mabuk-mabukan. Bagi mereka dengan HIV, terapi antiretroviral juga meningkat 47-70 persen. Studi ini diunggah secara online dalam Journal of Urban Health, seperti dilansir laman Indianexpress.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP