Diet Mediterania untuk Kesehatan Mental Penderita HIV

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengonsumsi makanan dengan metode diet mediterania, ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental pada pasien dengan HIV positif dan diabetes tipe 2. Penelitian telah membuktikan diet ini.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Diet mediterania ialah diet yang kaya buah-buahan segar dan sayuran, protein tanpa lemak, tinggi lemak sehat, dan juga rendah gula.

Orang dengan diabetes yang mengonsumsi makanan bergizi menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik, dan kurangnya angka kejadian rawat inap. Mereka juga mengonsumsi lebih sedikit gula dan menurunkan berat badan.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

"Kami melihat perbaikan yang signifikan dalam keamanan pangan dan hasil yang berkaitan dengan semua tiga mekanisme yang memengaruhi HIV dan kesehatan diabetes, kesehatan mental, dan perilaku," kata Kartika Palar, asisten profesor di University of California, San Francisco (UCSF), AS.

Diet mediterania mampu memenuhi 100 persen dari kebutuhan kalori harian untuk orang yang hidup dengan HIV dan diabetes tipe 2.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Para pasien juga memiliki gejala depresi ringan dan minimnya risiko untuk mabuk-mabukan. Bagi mereka dengan HIV, terapi antiretroviral juga meningkat 47-70 persen. Studi ini diunggah secara online dalam Journal of Urban Health, seperti dilansir laman Indianexpress.

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024