Menpar Optimis Sirkuit di Mandalika akan Mendunia

Pantai Mandalika, Lombok Tengah.
Sumber :
  • Viva.co.id/Kusnandar

VIVA.co.id – Kawasan wisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat akan semakin mendunia, karena di sini akan segera dibangun sirkuit jalan raya seperti yang ada di Monako dan Singapura.

Valentino Rossi Bakal Hadir di MotoGP Mandalika 2024

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mendukung kreasi membangun atraksi-atraksi baru di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Lombok. Menurutnya setelah dibangunnya sirkuit berkelas internasional di Mandalika akan memperkuat posisinya di mata dunia.

"Planning yang matang, lalu action yang cepat dengan prinsip WinWay, Wonderful Indonesia Way, Solid, Speed, Smart. Makin hebat atraksi, makin global standart, makin kuat positioning Mandalika sebagai destinasi prioritas," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam siaran persnya, Selasa, 31 Januari 2017.

Logistik MotoGP 2023 Tiba di Lombok, Beratnya 111 Ton!

Abdulbar M. Mansoer selaku Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan pengembangan destinasi pulau Lombok mengatakan

Sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 500 hektare ini akan menjadi sirkuit jalan raya Mandalika satu-satunya  yang menawarkan panorama indah.

Girangnya Warga Lombok Dapat Sepatu dari Toprak Razgatlioglu

"Nantinya, para rider akan disuguhkan pemandangan laguna, solar cell farm, lapangan golf, area komersial dan perkotaan, serta panorama Samudera Hindia yang indah," Katanya.

“Penonton juga dapat memandang sirkuit secara terbuka sembari menikmati keindahan tepi laut dan area terbuka hijau,” sambung Abdulbar.

Mirip dengan Singapura dan Monako, sirkuit jalan raya di Mandalika akan bersifat musiman. Sirkuitnya terbuka untuk publik sepanjang tahun dan dapat diubah untuk menjamu event-event balap motor internasional.

Pengembangan desain akan segera dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Gerak cepat ini dilakukan untuk mengejar target rencana penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor Grand Prix Mandalika pada 2019 yang penyelenggaraannya akan dibantu Roadgrip Motorsports UK Ltd.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya