Tarempa, Sajian Mi Ikan Tongkol Khas Bintan yang Menggoda

Mi tarempa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Pulau Bintan tak hanya dikenal memiliki pesona wisata budaya dan alamnya yang indah. Jika Anda berkunjung ke pulau yang bersebelahan dengan Batam ini, coba cicipi mi tarempa yang memiliki cita rasa yang berbeda dari kuliner mi lain yang pernah Anda coba.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Meskipun sekilas mi ini tidak jauh berbeda dengan hidangan mi pada umumnya, namun mi tarempa memiliki perbedaan tersendiri.

Indri, salah satu juru masak pembuat mi tarempa mengatakan, keunikan mi tersebut adalah dimasak menggunakan daging ikan tongkol sebagai bahan utamanya.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

"Yang sangat jelas yaitu kuah dagingnya menggunakan ikan tongkol," kata Indri kepada VIVA.co.id saat ditemui di Pulau Bintan beberapa waktu lalu.

Saat melihat poses pembuatannya dari dapur sebuah restoran di Bintan, ternyata menghidangkan seporsi mi tarempa, sang juru masak hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit. Mi tersebut dicampur dengan bumbu rempah dan kuah dagingnya yang sudah diolah sebelumnya, kemudian dimasukkan ke dalam satu wajan.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

"Mi ini mirip dengan spaghetti dari Eropa. Kalau spaghetti ada olahan daging, kalau tarempa dari ikan tongkol yang dicincang," ujar wanita berusia 40 tahun itu.

Selain itu, mi tarempa juga bisa disajikan dalam tiga jenis, yaitu mi tarempa basah, lembap dan kering.

Satu porsinya dibanderol Rp13 ribu. Jika Anda memesan mi tarempa sapi dan mi tarempa siput, harganya Rp17 ribu per porsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya