TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Jus Kacang Panjang Mampu Sembuhkan Diabetes, Benarkah?

Kabar yang beredar bahwa jus tersebut mampu turunkan kadar gula darah.
Jus Kacang Panjang Mampu Sembuhkan Diabetes, Benarkah?
Ilustrasi jus. (Pixabay)

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu di media sosial beredar kabar tentang kandungan ampuh jus kacang panjang dan tomat yang seketika mampu turunkan kadar gula darah dalam tubuh. Benarkah demikian?

Kabar tersebut menyebutkan bahwa 12 helai kacang panjang yang diblender dengan satu buah tomat merah efektif turunkan gula darah, bahkan mampu menyembuhkan diabetes. Ternyata, hal itu belum terbukti kebenarannya.

"Risetnya di mana? Sepanjang belum ada jurnal internasionalnya, ya enggak usah dipercaya," ujar ahli gizi, Dr. Marudut MPS, kepada VIVA.co.id.

Menurut Marudut, masyarakat harus lebih jeli dalam memilah informasi. Sebab, penelitian terkait informasi tersebut, belum jelas adanya.

Di samping itu, Marudut menyarankan agar masyarakat menggunakan bahan alami yang memang mampu menurunkan kadar gula darah dan terbukti secara ilmiah.

"Kalau mau turunkan gula darah, pakai saja bahan alami yang memang terbukti di jurnal," tuturnya.

Terlebih, gula darah di tubuh, lanjut Marudut, bukan satu-satunya cara mengukur kondisi diabetes pada seseorang. Sebab, gula darah yang menurun, belum tentu menghilangkan kondisi diabetes secara otomatis.

"Kadar gula darah yang turun, bukan berarti diabetes langsung hilang. Jadi, kalau memang tujuan dari jus itu adalah untuk menurunkan gula darah yang berkaitan dengan diabetes, di samping belum terbukti, diabetes juga belum tentu hilang karena banyak faktor lainnya," ujarnya. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP