Pesona Songket Palembang Bertahtakan Swarovski

Pesona songket Palembang di IFW 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Ayu Dyah Andari mendapat perhatian melalui koleksinya, The Swan, di Jakarta Fashion Week 2017 lalu. Koleksinya itu terinspirasi dari keanggunan balerina dan angsa.

IFW 2020 Siap Perkenalkan Budaya Kalimantan pada Dunia

Kini desainer tersebut menggebrak dengan mengangkat keindahan kain nusantara dalam koleksi yang ditampilkan di ajang Indonesia Fashion Week 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu, 5 Februari 2017. 

Ia mengangkat kain khas kota kelahirannya, songket Palembang. Ayu Dyah mengusung tema Lycoris.  Ayu mengungkapkan, karyanya terinspirasi dari keindahan langit senja di laut sore. Nama Lycoris diambil dari bahasa Yunani yang berartikan langit senja kala. 

Digelar 5 Hari, Total Transaksi IFW 2019 Capai Rp89,1 Miliar

"Karya saya terinspirasi waktu umrah. Waktu itu langit itu indah sekali," ungkap Ayu saat ditemui di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta Selatan, Minggu malam, 5 Februari 2017. 

Ayu juga menambahkan, Lycoris sendiri merupakan keluarga tanaman bunga-bunga cantik asal Asia Timur dan Selatan yang bermacam ragam warna hingga bentuknya. Hal inilah yang diaplikasikan dalam koleksinya sehingga tampil berbeda dan menawan.

Koleksi Imut Nan Cantik Duet Yogiswari-Biyantie di IFW Curi Perhatian

"Lycoris ini juga menggambarkan perempuan senja kala yang hatinya berbunga bunga, bersemi, dan bersinar indah seperti senja,” ungkapnya.

Ayu mengungkapkan, tak hanya mengambil unsur dari bunga dan senja, untuk tetap menunjukkan jati diri sebagai perempuan lndonesia yang bangga dengan keragaman budayanya, ia mengkolaborasikan kain Songket Palembang dengan warna soft pastel, dengan signature khas rancangannya yang bergaya Victorian. 

"Untuk warna-warna yang saya gunakan pada koleksi Lycoris tentunya warna langit senja yang lembut, gradasi blue powder hingga rose gold. Classy & timeless," katanya. 

Mutiara serta kristal original swarovski juga tak pernah lepas dari setiap karya rancangannya. Pada lndonesia Fashion Week 2017 kali ini Ayu Dyah Andari menciptakan dua belas koleksi rancangan. Delapan rancangan luxury ready to wear, dua gaun pesta, dan dua gaun pengantin. 

"Lycoris series ini saya persembahkan untuk perempuan Indonesia yang cinta kebudayaan dan tetap mengedepankan keanggunan," kata dia. (ase) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya