Wisata Pantai Khusus Wanita Hanya Ada di Banyuwangi

Pulau Merah di Banyuwangi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

VIVA.co.id – Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di wilayah timur pulau Jawa yang cukup populer. Mulai dari destinasi Kawah Ijen hingga wisata Baluran yang disebut sebagai Afrika Van Java.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Rencananya di tahun 2017, wilayah yang berdekatan dengan pulau Bali ini akan meluncurkan destinasi wisata yang dikhususkan untuk kaum wanita yang berada di Pantai Bidadari, Pulau Sampen.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menuturkan dibuatnya wisata pantai khusus wanita ini karena banyak permintaan rakyat Banyuwangi yang menginginkan wisata pantai yang berbasis syariah. Laki-laki tidak diizinkan untuk masuk.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

"Karena jumlah wisatawan wanita di Banyuwangi itu kali lebih banyak, banyak yang minta dibuatkan wisata pantai yang tertutup khusus wanita," kata Abdullah Azwar Anas kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Selain itu, wisata pantai yang memiliki luas lima hektare ini dikelola sepenuhnya oleh wanita. "Semuanya dikelola oleh wanita, mulai dari atasan sampai tukang sapu," ucapnya.

Dampak Corona, Devisa Pariwisata Hilang Rp21,75 Triliun

Peraturan yang dibuat pun juga berbasis syariah. Para pengunjung dilarang berfoto-foto narsis. Mereka juga hanya boleh membawa keluarga yang berjenis kelamin wanita untuk kenyamanan pengunjung lainnya.

"Kaum pria sama sekali tidak boleh masuk, jadi untuk ibu-ibu yang ingin merasakan liburan, bisa ke sini ajak anak perempuannya," ujarnya.

Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Demi meyakinkan wisatawan, khususnya dalam negeri, Sandiaga Uno telah meninjau langsung beberapa destinasi wisata di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021