Cara Mudah Memilih Durian Matang

Buah durian.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Memilih buah durian bukan perkara mudah. Jika buah lainnya memiliki kemungkinan besar untuk punya rasa manis dari sekian banyak buah yang dibeli, tidak demikian dengan durian. Durian bisa saja manis tapi tidak berdaging tebal, atau ada yang berdaging tebal tapi tidak manis.

Posisi Sangat Terjepit, PPP Bakal Dapat 'Durian Runtuh' Jika Gabung ke Koalisi Prabowo

Hanya karena tak pintar dalam memilih buah durian, bukan berarti kita tidak bisa membelinya. Karena ada beberapa tips mudah yang penting untuk diketahui, yaitu dari bentuk durinya.

"Biasanya durian matang durinya renggang, kalau yang masih mentah (durinya) runcing-runcing. Kalau matang bunyinya ada basnya, 'buk buk', itu matang, kalau mentah nyaring. Kalau durian lama, durinya enggak akan keras," kata Andi Miswar, pemilik kafe Pohon Durian pada VIVA.co.id, saat ditemui di Bandung, Jawa Barat belum lama ini.

Ada-ada Saja, Pengantin Ini Ganti Buket Bunga dengan Durian, Warganet: Anjir Bahaya Kan

Lebih lanjut, dia mengatakan, mencicipi durian perlu dilakukan, tapi yang perlu diingat adalah durian tua bukan jaminan rasanya manis. Warna kuning juga tidak menjamin rasa manis.

Satu lagi tips untuk membeli durian yang diobral di pinggir jalan, terlebih jika durian itu telah dikupas.

Durian Siboli Kendal Juara Festival Durian Semarang 2024, Dilelang Laku Rp235 Ribu

"Kalau beli yang obral liat bawahnya, pecah itu 'masuk angin', malah enggak bagus. Jangan simpan durian di tempat lembap, harus tempat kering. Kalau terlalu panas bagian bawahnya akan terbuka,” ujar Andi menjelaskan.

Andi yang juga suka melelang durian dari berbagai jenis ini kemudian menambahkan, "Kalau di pinggir jalan enggak baik (yang sudah terbuka), dia sudah masuk angin, kadar alkoholnya naik, jadi enggak baik untuk kesehatan. Pahit itu enggak bagus juga dimakan sering-sering karena alkoholnya tinggi."

Nah, untuk Anda para pecinta durian yang berharap bisa menghabiskan banyak durian, Andi memberikan tipsnya.

"Orang bilang makan manggis dan durian itu bikin mabuk, padahal enggak. Sebetulnya itu penangkal mabuk dari durian, sebelum makan durian, makan dua sampai tiga manggis, habis itu bisa makan durian sepuasny?a,” katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya