Sensasi Baru Santap Ramen Tanpa Kuah

Grilled chicken ramen.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Kalau di Indonesia kita mengenal yamin untuk jenis mi ayam tanpa kuah, ternyata Jepang juga memiliki mi kering yang disebut abura ramen. Tidak seperti ramen pada umumnya yang enak diseruput dengan kuah kaldu, abura ramen mirip dengan yamin, namun dimasak dengan minyak truffle.

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Minyak ini membuat mi lebih lentur, lembap dan memiliki aroma yang lebih sedap. Salah satu restoran di Jakarta yang menyediakan hidangan ini adalah Tokyo Belly, yang sebelumnya telah terkenal akan menu-menu khas Jepang bergaya modern.

"Ini (abura ramen) pakai secret sauce, truffle oil di mi-nya, tekstur jadi sedikit lebih lembap, lentur, dan aroma lebih tasty," ujar Anandyah Dinakaramani, Assistant Group Marketing Manager Tokyo Belly, saat ditemui VIVA.co.id di Grand Indonesia, Kamis, 9 Februari 2017.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Restoran tersebut menawarkan empat varian ramen yang bisa dipilih saat memesan abura ramen, yakni yang tebal dan keriting, mi pedas tipis, mi tipis biasa, dan yang terbaru mi hitam yang diberi bubuk arang aktif sehingga lebih menyehatkan.

"Abura ramen ada empat noodles, yang terbaru charcoal and healthy. Jadi charcoal ini dalam bentuk bubuk. Bubuk ini kita masukkan ke dalam adonan tepung. Tingkat kekenyalan diperhatikan, karena dalam ramen yang harus diperhatikan adalah tekstur mi-nya," katanya menjelaskan.

Jadi Makanan Favorit Anak Muda, Apakah Ramen Baik untuk Kesehatan?

Black pepper beef ramen

Seafood curry ramen

Bulgogi beef ramen

Keempat jenis mi tadi bisa dipilih untuk dimasak menjadi abura ramen dengan empat pilihan. Salah satunya adalah Black Pepper Beef Abura Ramen, di mana terdapat irisan daging sapi, tempura, bawang bombai, ditambah parutan kani dan mentimun.

Ada pula Grilled Chicken Abura Ramen, berisi ayam panggang, telur rebus, irisan rumput laut, daun bawang, dan bamboo shoot.

Bagi penggemar boga bahari, jangan lewatkan Seafood Curry Abura Ramen. Di dalamnya terdapat udang, cumi-cumi, kerang, dan simping, yang disiram dengan saus kari homemade. Varian terakhir adalah Bulgogi Beef Abura Ramen, yang setiap potong daging bulgoginya direndam dalam bumbu, dan disajikan dengan jamur shiomeji dan telur rebus.

Abura ramen disajikan dalam mangkuk batu panas, dengan tujuan menjaga suhu ramennya. Mirip dengan penyajian bibimbap dari Korea yang harus diaduk sebelum dimakan, begitu pula dengan abura ramen. Anda harus mengaduk mi hingga merata, agar rasa tercampur dengan baik.

Melon kakigori

Untuk dessert-nya, Anda bisa mencicipi Melon Kakigori, buah melon yang telah dibuka digunakan sebagai wadah daging buahnya dan es serut dengan rasa khas melon.

"Rasa esnya terasa melon karena diinfus langsung dengan melon, terus es batu di-shave," ucap Anandyah. (one)

Tokyo Belly
Grand Indonesia Shopping Town,
lantai 3A, Jakarta Pusat
Buka: 10.00-22.00 WIB

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya