Kunci Sukses jadi Barista Kopi yang Andal

Mesin pembuat kopi.
Sumber :
  • Pexels/unsplash

VIVA.co.id – Industri makanan dan minuman kini terus berkembang pesat, ditambah lagi dengan budaya kopi yang kian populer. Di samping kopi yang nikmat, banyak pelanggan juga cenderung lebih mencari kafe dengan lokasi yang nyaman, yang juga menyediakan kopi cepat saji untuk dibawa pulang (takeaway).

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah kafe yang dibuka di seluruh dunia.

Menurut Sekretaris Jenderal Management Development Institute of Singapore, Dr. R Theyvendran, jika melihat dari sudut pandang budaya kopi yang kian berkembang, perubahan ini pun membuat peran barista yang sukses semakin dibutuhkan.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Namun, untuk menjadi barista andal, tentu Anda harus memiliki kriteria tertentu. Berikut ini beberapa hal yang dibutuhkan untuk menjadi barista sukses berdasarkan pemaparan Theyvendran kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

-Selalu berinovasi dalam industri kopi dan terus mengembangkan diri dengan pengetahuan yang terbaru mengenai kopi.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

- Inovatif dan kreatif dalam mengkreasikan minuman baru dengan melihat dan memadukan pengetahuan yang mereka miliki, perilaku konsumen dan juga tren.

-Memiliki kesabaran dan gairah yang positif terhadap pekerjaannya, karena menyempurnakan dan mempelajari seni kopi membutuhkan waktu bertahun-tahun dengan kerja keras dan latihan

- Terbuka akan kritik dan saran

Selain itu, Theyvendran menambahkan, seorang barista juga dituntut menguasai keahlian-keahlian seperti pengetahuan tentang biji kopi, metode penyeduhan, misalnya French Press, Aeropress dan lain-lain.

"Mereka juga harus memiliki pengetahuan tentang mesin dan peralatan membuat kopi, mengidentifikasi dan mengenali rasa, serta aroma biji kopi dari berbagai daerah, misalnya dari Indonesia, India, Afrika, Eropa, dan daerah lainnya," kata Theyvendran.

Dan tentu saja, barista juga harus tahu bagaimana teknik membuat kopi seperti membuat buih susu dengan cara mempertimbangkan tekstur, suhu, kondensitas buih, serta jenis susu yang digunakan. Barista juga harus bisa membuat lima racikan kopi dasar yaitu Espresso, Americano, Flat White, Latte, dan Cappuccino.

Terakhir, barista harus memiliki pemikiran yang terbuka akan berbagai standar kopi yang sesuai dengan standar masing-masing kafe.

Ilustrasi kopi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya