Jus Nanas Mampu Sembuhkan Asam Urat, Benarkah?

Jus Nanas
Sumber :
  • Pixabay/ stokpic

VIVA.co.id – Sebuah informasi sempat beredar di media sosial. Informasi tersebut menyebutkan bahwa sari buah nanas mampu mengatasi penyakit asam urat. Benarkah?

10 Makanan Bantu Kontrol Kadar Asam Urat Tetap Normal

Informasi tersebut menyebutkan buah nanas matang, lobak putih serta campuran tiga buah kemiri mampu menyembuhkan penyakit asam urat. Sayangnya, resep tersebut belum memiliki fakta ilmiah terkait keampuhannya.

"Belum ada riset terkait hal itu, belum ada standarnya juga. Apalagi per orang kan pasti efeknya beda-beda, kalau belum ada penelitian secara pasti," ujar ahli gizi, Dr. Marudut MPS, kepada VIVA.co.id.

Cara Mengatasi Asam Urat Cepat Saat Serangan Tanpa Keluar Duit

Marudut menegaskan, sebaiknya masyarakat tidak menggunakan bahan yang belum terbukti keampuhannya. Ia melanjutkan, penelitian yang sudah terbukti ampuh yaitu dari penggunaan daun kelor.

"Daun kelor yang sudah terbukti ampuh untuk asam urat karena mengandung kuersetin. Itu jauh lebih baik dicoba dan diminum karena sudah teruji secara ilmiah," ujarnya.

5 Cara Mengurangi Asam Urat di Rumah yang Mudah, Murah dan Cepat

Dengan kandungan kuersetin pada daun kelor, mampu menghambat terjadinya asam urat di tubuh. Sehingga, konsumsi jus nanas sebaiknya tidak serta merta dipercaya begitu saja.

"Kandungan daun kelor akan menghambat dan menonaktifkan senyawa purin menjadi asam urat. Itu sudah terbukti dibandingkan jus nanas yang belum memiliki penelitian ilmiahnya," kata dia.

Penyakit asam urat di kaki.

3 Pantangan untuk Penderita Asam Urat, Patuhi Atau Kambuh Terus

Jika tidak dipatuhi pantangan asam urat, maka sulit untuk sembuh.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2020