Migrain Lebih Banyak Diderita Wanita, ini Penjelasannya

Ilustrasi sakit kepala
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA.co.id – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita lebih rentan terhadap penyebab stres dan penyakit alergi seperti migrain. Hal itu terjadi karena terdapat perbedaan pada sel mast. Sel mast adalah salah satu jenis sel yang hadir dalam jumlah besar di membran hidung dan paru-paru. Selain itu, salah satu jenis sel darah putih ini merupakan bagian dari sistem imunitas.

Kenapa Suhu Panas Sebabkan Sakit Kepala Hebat?

Sel mast merupakan kategori penting dalam sel imunitas karena mereka memiliki peranan kunci bagi masalah kesehatan yang berkaitan dengan stres yang umum terjadi pada wanita seperti penyakit alergi, penyakit auto imun, migrain, dan sindrom iritasi usus besar.

"Lebih dari 8.000 gen yang diekspresikan secara berbeda ditemukan pada sel mast wanita bila dibandingkan pada pria," kata peneliti utama Adam Moeser, Profesor di Michigan State University, Amerika Serikat, seperti dilansir Times of India.

Wanita Sering Alami Migrain, Hati-Hati Berisiko Kena Penyakit Mematikan Ini

Moeser melanjutkan, meskipun sel mast pria dan wanita memiliki rangkaian gen yang sama pada kromoson mereka, namun kromosom jenis kelamin XY, cara gen bertindak sangat bervariasi.

Analisis Gen

Stres Berat Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Begini Ciri-cirinya

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biology of Sex Differences, sebuah analisis mendalam dari gen di dalam genom RNA (pembangun utama dalam segala bentuk kehidupan) menunjukkan adanya peningkatan aktivitas yang berkaitan dengan produksi dan penyimpanan kandungan peradangan.

Kandungan ini dapat menimbulkan respon yang lebih agresif dalam tubuh dan menimbulkan penyakit.

"Hal ini bisa menjelaskan kenapa wanita, atau pria, lebih rentan atau tidak terhadap jenis penyakit tertentu," kata Moeser.

Moeser menambahkan, dengan pemahaman baru mengenai bagaimana gen bertindak secara berbeda, para ilmuwan pada akhirnya bisa mulai menciptakan perawatan spesifik pada jenis kelamin yang menargetkan pada sel imunitas ini dan menghentikan timbulnya penyakit ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya