Alasan Jam Masuk Sekolah Sebaiknya Jangan Terlalu Pagi

Jam Masuk Sekolah
Sumber :
  • ANTARA/Saptono

VIVA.co.id – Menurut sebuah penelitian yang baru, ketika jam sekolah pada tingkat SMA dimulai pada pukul 08.30, atau lebih lambat, angka kehadiran dan kelulusan siswa akan meningkat.

Sebut Jam Sekolah Kepagian, Jerome Polin Ingin Jadi Menteri Pendidikan

Hasil penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa waktu tidur tambahan dapat meningkatkan manfaat psikologis, perilaku, dan akademis pada remaja.

"Begitu banyak penelitian yang menjelaskan dampak tidur yang tidak cukup dengan bunuh diri, penyalahgunaan obat, depresi, kecelakan, dan banyak lagi," kata penulis penelitian Pamela McKeever dari Central Connecticut State University di New Britain, Amerika Serikat, seperti dilansir Reuters.

Wapres Tegaskan Aturan Full Day School Fleksibel

McKeever melanjutkan, temuan ini menghubungkan titik-titik antara dunia sains dan pendidikan. Melalui ini, pendidik dan orangtua dapat melihat bagaimana kurang tidur mempengaruhi indikator sekolah yang kita gunakan untuk mengukur kesuksesan siswa.

Bel masuk sekolah yang ditunda juga bisa mempersempit jarak pencapaian setiap siswa, tulis McKeever dan Clark dalam jurnal Sleep Health.

Soal Full Day School, Menteri Muhadjir Bantah Jalan Sendiri

Saat jam sekolah dimulai lebih siang, siswa-siswa yang berada dalam kategori sosial ekonomi lebih rendah bisa naik bus tepat waktu. Ketika mereka sampai di sekolah tepat waktu, mereka kemungkinan besar akan mendapatkan waktu belajar yang lengkap dan bisa lulus.

Sejak tahun 1990-an, Kyla Wahlstrom dari University of Minnesota dan peneliti lainnya telah menyatakan bahwa jam sekolah yang ditunda dapat membantu meningkatkan performa siswa.

Pada 2014, Wahlstrom dan rekan-rekannya melaporkan bahwa dalam penelitian tiga tahun yang melibatkan 9.000 siswa dari delapan sekolah menengah di seluruh Amerika Serikat, menunjukkan adanya peningkatan angka kehadiran ketika waktu sekolah dimulai pukul 08.35 atau lebih siang.

American Academy of Sleep Medicine juga telah menyatakan kalau waktu sekolah lebih siang dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi angka kecelakaan kendaraan bermotor, dan rasa kantuk siswa.

Selain itu, American Academy of Pediatrics juga merekomendasikan pukul 08.30 sebagai waktu paling pagi untuk memulai sekolah. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya