Gaya Hidup Aktif Percepat Proses Penuaan Dini

Ilustrasi menulis.
Sumber :
  • Pixabay/ StartupStockPhotos

VIVA.co.id – Tahukah Anda jika aktivitas sehari-hari Anda ternyata memberikan pengaruh besar terhadap penuaan kulit? Bekerja di ruangan ber-AC, paparan sinar matahari, polusi, pola makan kurang sehat, dan kurang tidur dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan.

5 Manfaat Ajaib Buah Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Wanita

Tanda penuaan tersebut bisa dikenali dari kulit yang menjadi kusam, munculnya garis halus, hingga kerutan pada wajah.

"Berdasarkan hasil riset kami, gaya hidup aktif dan nonstop dapat mempercepat munculnya kekusaman dan kerutan pada kulit wajah. Stres dan kurang tidur juga dapat melemahkan produksi kolagen pada kulit sehingga wajah terlihat lebih tua," ujar Vivi Tri Andari, R&D Manager PT Unilever Indonesia Tbk, saat acara Pond's Age Miracle Nonstop Beauty di The Dharmawangsa, Jakarta, Selasa 14 Februari 2017.

Panduan Lengkap dr Reza Gladys untuk Kulit Sehat di Akhir 2023

Karena itu, lanjut Vivi, jika tidak segera ditangani dengan baik akan semakin banyak tanda-tanda penuaan yang akan muncul. Apalagi, setelah menginjak usia 30 tahun eslastisitas kulit akan berkurang 0,5 persen setiap tahunnya.

Berdasarkan survei nasional yang dilakukan Accenture, diketahui bahwa 4 dari 10 perempuan Indonesia lebih memilih untuk bekerja. Aktivitas tersebut membuat mereka berhadapan dengan layar komputer paling tidak 10 jam sehari yang dapat melemahkan struktur kolagen kulit.

Masih Malas Double Cleansing? Ini 4 Bahayanya yang Wajib Kamu Tahu!

Di samping itu, stres kerja yang tinggi dan kurang tidur membuat wajah 2,5 tahun lebih tua. Stres juga dapat melemahkan kolagen kulit hingga 70 persen dan meningkatkan munculnya keriput pada kulit wajah.

"Melakukan kegiatan sepanjang hari juga dapat membuat kulit wajah perempuan tampak 2,64 tahun lebih tua dari usia kulit wajah yang sebenarnya. Kehidupan yang dipenuhi kegiatan nonstop dapat mempercepat tumbuhnya kerutan dan membuat kulit wajah semakin kusam," kata Vivi. (one)

Ilustrasi wanita/marah/stres.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Stres merupakan bagian tak terelakkan dalam hidup. Namun, tahukah Anda bahwa stres dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit? Berikut beberapa efeknya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024