Kelebihan Anak Introvert yang Harus Dipahami Ibu

Anak Membaca
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA.co.id – Membedakan anak yang introvert dan extrovert dalam sebuah grup bermain memang sangat mudah.

Jangan Sampai Lupakan Orang tuamu jika Telah Sukses Kelak

Kondisi ini cenderung membuat orangtua  menjadi membeda-bedakan kualitas kepribadian anak lewat cara dan tingkahnya berinteraksi dalam grup tersebut.

Padahal, setiap anak memiliki pribadi yang berbeda-beda, tentunya kualitas kepribadian anak tidak bisa diukur berdasarkan sikapnya semata.

Begini Menjaga Keamanan saat Anak Bereksplorasi

Anak yang memiliki sikap introvert biasanya memiliki kelebihan unik yang berbeda dengan teman-temannya. Dilansir dari laman popsugar mom, berikut ini beberapa kelebihan anak introvert yang penting untuk dikenali orangtua untuk mensupport si buah hati.

Puas menghabiskan waktu dengan dirinya

Manfaat Mengejutkan Anak Sering Kumpul Bareng Orang Tua

Anak introvert memiliki kekurangan dalam menunjukkan perasaan mereka, namun anak-anak ini senang melakukan kegiatannya sendiri, terutama dengan hal-hal yang mereka suka dan tidak mudah teralihkan dengan hal-hal yang menyita waktu mereka. Selain itu, anak introvert juga tidak membutuhkan orang untuk menghiburnya.

Mandiri

Karena nyaman dengan kesendirian, anak introvert memiliki sikap yang mandiri.  Berbeda dengan anak extrovert yang selalu melibatkan banyak orang untuk menyelesaikan masalahnya, anak introvert tidak bergantung pada orangtua mereka untuk melakukan hal-hal sederhana seperti bermain. Selain itu anak introvert menyadari waktu yang tepat meminta bantuan.

Memilih untuk diam, bukan takut

Meski terkesan pemalu, anak introvert tidak mudah berbalik dan menyerah karena takut. Mereka senang menghabiskan waktu sendiri karena mereka berani melakukan dan memilih apa yang ingin dilakukan tanpa takut dan khawatir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya