4 Tips Aman Solo Traveling untuk Wanita

Photoright: makemytrip.com
Sumber :

VIVA.co.id – Saat ini, hobi traveling bukan hanya milik pria saja, kaum wanita juga sudah banyak yang melakukannya. Banyak orang lebih memilih solo traveling karena lebih praktis dibanding dengan melakukan perjalanan secara rombongan. Selain faktor praktis, banyak hal lain yang akan Anda dapatkan dengan melakukan solo traveling, mulai dari semakin mengenal dirinya sendiri, menambah teman baru, hingga menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi.

Begini Cara Cek Ban Mobil Layak Pakai atau Tidak Dipakai Mudik

Meskipun sangat mengasyikan, Anda perlu tetap waspada dan melakukan perencanaan yang matang sebelum pergi solo traveling.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan wanita agar traveling menjadi lebih aman, meski sedang melakukan solo traveling:

Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut Dibuka, Simak Persyaratannya!

Lakukan Perencanaan Matang

Mengingat Anda adalah wanita yang sedang melakukan solo traveling, sangat bijak untuk melakukan perencanaan yang matang sebelum berangkat, mulai dari memesan tiket, penginapan, sampai menentukan destinasi wisata yang ingin dituju. Soal moda transportasi, alangkah baiknya jika Anda menggunakan pesawat atau kereta api. Urusan memesan tiket pesawat atau kereta api bisa Anda percayakan pada situs online Traveloka. Selain proses pemesanannya yang mudah, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang sangat menggiurkan saat membeli tiket kereta api ataupun pesawat di halaman Traveloka.

Rel Terendam Banjir, Kereta Api Tak Bisa Sampai ke Stasiun Semarang

Selain mengurus masalah akomodasi dan penginapan, ada baiknya juga Anda mencari informasi mengenai daerah yang akan dituju. Setidaknya, Anda melakukan riset kecil-kecilan untuk melihat seberapa aman daerah yang ingin dituju untuk solo traveling wanita. Anda bisa membaca pengalaman para traveler secara online atau bertanya langsung kepada orang yang pernah mengunjunginya.

Pilih Perjalanan Siang Hari

Dibanding memilih perjalanan di malam hari, lebih baik Anda berangkat waktu pagi atau siang. Pada saat berangkat siang atau pagi hari, kemungkinan untuk tidur dalam transportasi lebih kecil dibanding malam hari. Jika Anda lengah tidur, ada kemungkinan barang akan hilang dari genggaman. Oleh sebab itu, Anda lebih disarankan untuk berangkat saat hari masih terang.

Namun, jika Anda terpaksa untuk berangkat pada malam hari, pastikan semua barang diamankan terlebih dahulu sebelum tidur. Letakkan barang-barang di tempat yang aman dan mudah untuk diawasi. Ingatlah bahwa Anda sedang melakukan solo traveling, jadi keamanan barang-barang dan diri Anda merupakan tanggung jawab sendiri.

Bawa Kebutuhan Lengkap untuk Traveling`

Solo traveling mengharuskan Anda untuk memenuhi apapun kebutuhan yang diperlukan seorang diri. Oleh karena hal inilah, Anda disarankan untuk membawa barang-barang traveling secara lengkap, namun tidak berlebihan. Bawa barang-barang mulai dari smartphone, power bank, tripod/tongsis/monopod, dry bag, kamera, dompet, charger, buku, beberapa pakaian, serta alat-alat mandi. Jangan lupa juga membawa alat pelindung diri seperti pepper spray.

Bawalah barang-barang traveling dengan lengkap supaya di tempat wisata tidak perlu membeli atau meminjam dari traveler lainnya. Anda disarankan untuk membawa backpack (ransel) saja dibanding dengan tas jinjing ataupun koper jika masih perjalanan dalam negeri. Selain simpel, ransel juga bisa memuat banyak barang yang Anda butuhkan.

Bersosialisasi dengan Penduduk Lokal

Ketika sampai tujuan, Anda bisa bersosialisasi dengan orang-orang lokal. Jangan terlihat sangat mencolok jika sedang melakukan solo traveling karena Anda bisa menjadi sasaran empuk para penjahat. Lebih baik jika Anda terlebih dahulu mempelajari bahasa orang lokal yang akan dikunjungi, sehingga Anda akan mudah berbaur dengan masyarakat setempat. Selain itu, Anda juga bisa memakai pakaian seperti yang dikenakan masyarakat sekitar agar Anda tidak menjadi pusat perhatian dan menjadi sasaran pencopet atau perampok.

Bersosialisasi dengan penduduk sekitar tidak hanya membuat perjalanan solo traveling menjadi aman, Anda juga akan merasa seperti memiliki keluarga baru. Jadi, jika nanti datang lagi ke tempat yang sama, orang-orang akan mudah mengenali Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pengalaman, serta keluarga baru.

Itulah beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan sewaktu melakukan solo traveling bagi Anda para wanita. Ada baiknya juga, Anda membekali diri dengan belajar ilmu bela diri sebelum melakukan solo traveling. Anda bisa belajar ilmu bela diri, seperti karate, pencak silat, taekwondo, dan masih banyak lagi. Semua itu dilakukan agar perjalanan solo traveling Anda tetap aman dan nyaman. Jadi, kapan Anda berencana melakukan solo traveling? (web)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya