Rayakan Ultah, Kota Solo Sebar 24.000 Takir Jenang Gratis

Festival Jenang, Solo, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

VIVA.co.id – Kota Solo memperingati Hari Ulang Tahun ke-272 pada hari ini, Jumat, 17 Februari 2017. Untuk memeriahkan hari spesial tersebut, sebanyak ribuan takir jenang dibagikan secara gratis kepada pengunjung.

Krasikan, Hidangan Lebaran Khas Jawa yang Legit dan Mangsir

Pantauan VIVA.co.id, ribuan pengunjung tampak memadati kawasan Ngarsopuro yang menjadi lokasi digelarnya Festival Jenang Solo 2017. Sebanyak 80 stan jenang dari berbagai kelompok, instansi maupun organisasi tampak turut serta memeriahkan acara tersebut.

Masing-masing stan menyiapkan jenang sebanyak 300 takir untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat. Jenang yang disajikan diantaranya jenang sumsum, jenang Suro, jenang grendul, jenang procot dan jenang limang werni dan lainnya.

SOLO Ultah 77 Tahun, Maestro Keroncong Waldjinah Luncurkan Buku Biografi

Tak hanya itu, sejumlah stan dari berbagai daerah di luar Jawa juga turut memeriahkan Festival Jenang Solo, diantaranya dari Kalimantan Timur, Papua, Sumatera Selatan dan lainnya. Mereka menampilkan berbagai jenang khas daerahnya masing-masing.

Dalam acara tersebut, masing-masing stan mengumpulkan sejumlah takir jenang kepada panitia. Selanjutnya, takir tersebut dikumpulkan di panggung untuk ditata bersama dengan ratusan jenis jenang.

Kuliner Khas Solo Bakal Manjakan Penonton Konser Dream Theater

Selanjutnya, takir yang dikumpulkan di panggung tersebut diperebutkan oleh ribuan warga. Begitu aba-aba pembagian dimulai secara simbolis oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, warga pun langsung berebut mendapatkan takir jenang.

Tak hanya di panggung, puluhan stan yang berdiri di sebelah timur dan barat jalan Ngarsopuro tersebut langsung diserbu oleh ribuan warga. Pasalnya, masing-masing stand membagikan ratusan takir jenang secara gratis kepada pengunjung.

Tak pelak, hanya dalam hitungan menit, ribuan takir ludes diperebutkan pengunjung. Selanjutnya, mereka pun menikmati santap jenang tersebut dengan berdiri maupun duduk-duduk di sekitar kawasan tersebut.

Ketua Panitia Festival Jenang Solo 2017, Septando Hijri Safara mengatakan pelaksanaan acara festival jenang ini merupakan yang keenam kalinya dan selalu digelar bertepatan dengan? perayaan Hari Ulang Tahun Solo. Dalam perayaan festival ini dibagikan sebanyak 24.000 takir jenang kepada masyarakat.

"Untuk Festival Jenang Solo tahun ini mengambil tema Pesona Jenang Nusantara. Jadi selain ada jenang dari Solo juga ada jenang dari beberapa daerah di luar Jawa," ujarnya.

Untuk memeriahkan festival jenang kali ini, lanjut dia, pihak panitia melakukan kirab gunungan jenang mulai dari Stadion Sriwedari Solo hingga kawasan Ngarsopuro. Dalam gunungan jenang tersebut terdiri dari 272 takir jenang plus 1 takir jenang.

"Gunungan jenang ini diangkut dengan menggunakan replika perahu Rojomolo," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya