TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Ketahui Usia Tepat Pemberian Vaksin HPV

Vaksin ini salah satunya untuk mencegah kanker serviks
Ketahui Usia Tepat Pemberian Vaksin HPV
Ilustrasi sel kanker (Pixabay/skeeze)

VIVA.co.id – Penelitian telah menemukan bahwa penyebab utama kejadian kanker serviks, dipicu oleh Human Papillomavirus (HPV). Dengan menggunakan vaksin HPV, kejadian kanker bisa dicegah sekitar 90 persen.

Hampir 13 ribu wanita sudah didiagnosa mengidap kanker dan lebih dari empat ribunya, meninggal dunia. Hal tersebut yang memicu, penggalakkan untuk dilakukannya pencegahan kanker sejak dini.

Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, telah menyetujui penggunaan vaksin HPV pada pria dan wanita yang berusia sembilan hingga 26 tahun. Vaksin tersebut mampu melawan virus HPV dan mencegah 90 persen kejadian kanker serviks, vulvar, vagina, dan anal.

"Usia tepat memberi vaksin HPV yaitu saat anak berusia sembilan tahun. Tapi, jika Anda belum mendapatkannya, masih bisa diberikan saat usia sebelum mencapai 26 tahun," ujar spesialis ObGyn, Summer Dewdney, MD dilansir Medical Daily.

Bagi yang sudah menikah, penggunaan pap smear juga sangat disarankan. Pap smear berguna untuk menemukan adanya bentuk yang abnormal dari vagina kaum wanita. Sehingga sangat tepat dalam penanganan perubahan pada pra-kanker.

Kunci terakhir, yang sering diabaikan untuk mencegah kanker serviks yaitu berhenti merokok. Secara tidak sadar, berhenti merokok dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Sebab, tembakau serta bahan kimia yang masuk ke tubuh, dapat merusak DNA, yang di mana sangat rentan untuk terjadinya perkembangan sel kanker. (ren)

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP