Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi pasangan,.
Sumber :
  • Pixabay/scottwebb

VIVA.co.id – Siapa sangka berciuman dengan pasangan, memiliki banyak manfaat. Selain meningkatkan keharmonisan hubungan, berciuman juga mampu memberi manfaat kesehatan untuk tubuh.

Timothee Chalamet dan Kylie Jenner Ciuman Mesra di Golden Globes 2024

Jangan berpikir bahwa ciuman hanya bermanfaat untuk mendekatkan pasangan saja. Berciuman dengan pasangan, ternyata baik untuk kesehatan. Berikut manfaat kesehatan dari berciuman, dikutip dari laman Glamour.

1. Kesehatan gigi

5 Tips Menghilangkan Bekas Cupang di Leher dengan Cepat

Menurut Sivan Finkel, sebuah kosmetik gigi, berciuman dapat meningkatkan produksi saliva. Hal itu tentu saja baik untuk membantu gigi menyingkirkan ragam bakteri yang menempel.

2. Sistem imunitas

9 Tips Ciuman Buat Pemula agar Lebih Nikmat dan Berkesan

Semua orang memiliki bakteri yang berbeda di mulutnya. Dengan berciuman, tubuh bisa mendapatkan bakteri baru dari mulut pasangan, yang ternyata bukan hal buruk.

Berciuman selama sepuluh detik, dapat bertukar hampir 80 juta bakteri. Pertukaran ini membuat terjadinya diversi mikrobiome, yang membantu meningkatkan sistem imun dan proteksi dari bahaya bakteri jahat.

3. Gelisah

Salah satu manfaat berciuman adalah meningkatkan produksi hormon oksitosin. Hormon tersebut mampu memberi sensasi tenang dan kedekatan antar dua individu.

4. Reaksi alergi

Studi pada tahun 2006 menganalisa manfaat ciuman pada pasien dengan alergi kulit dan hidung. Ternyata, berciuman dengan pasangan dapat meningkatkan antibodi, yang mampu menurunkan reaksi alergi.

5. Tekanan darah

Berciuman memberi dampak pada dua hal. Pertama, aliran darah di lidah, berangsur-angsur berdilatasi. Hal ini membuat tekanan darah perlahan menjadi normal. Kedua, menghasilkan kortisol, yang berdampak pada penurunan tekanan darah.

6. Cegah penuaan

Peningkatan aliran darah menuju wajah, menstimulasi produksi kolagen dan berpengaruh pada antiaging. Sehingga, dengan berciuman, memberi produksi elastin dan kolagen menjadi meningkat, serta membuat kulit tampak elastis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya