TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Jangan Pernah Bawa Ponsel ke Kamar Mandi

Terutama toilet umum.
Jangan Pernah Bawa Ponsel ke Kamar Mandi
Ilustrasi ponsel, barang komunikasi rentan penyadapan (Pixbay/helloolly)

VIVA.co.id – Di tengah masyarakat yang terobsesi dengan teknologi seperti sekarang, tidak mengherankan jika orang membawa ponsel kemana saja mereka pergi, termasuk ke dalam kamar mandi sekalipun.

Meskipun ponsel pintar bisa memudahkan pekerjaan Anda di manapun, tapi menurut ahli kesehatan, ini sebenarnya membahayakan kesehatan. Terutama, ketika Anda membawa gadget kemanapun pergi.

"Terdapat air dan partikel udara yang menempel di lekukan ponsel. Penutup atau case ponsel biasanya terbuat dari karet yang merupakan tempat yang hangat dan nyaman bagi bakteri singgah," ujar Dr Anchita Karmakar seperti dilansir Daily Mail.

Bakteri-bakteri tersebut meliputi E.coli, shigella dan campylobacte, menurut WebMD, semua bakteri tersebut bisa membuat Anda sakit parah.

Selain itu, Anda juga berisiko menyebarkan virus seperti gastro dan straph, yang bisa dengan mudah berpindah dari permukaan padat ke ponsel Anda.

Untuk menghindari itu Dr Karmakar menyarankan, jangan pernah membawa ponsel Anda ke kamar mandi, terutama toilet umum.

"Meskipun Anda tidak menggunakan ponsel Anda di dalam toilet, Anda masih tetap menggenggamnya saat masuk dan keluar dan itu sudah cukup untuk membawa bakteri ke ponsel saat Anda belum mencuci tangan," lanjutnya.

Mengingat banyak pula orang yang menggunakan ponsel mereka saat makan, hal itu juga berpotensi membuat infeksi menular ke mulut. Itu juga meningkatkan faktor risiko timbulnya penyakit karena bakteri pada ponsel Anda.

Solusi untuk permasalahan ini adalah, jangan pernah membawa ponsel ke kamar mandi dan menggunakannya saat sedang makan.

Membersihkan ponsel dengan cairan pembasmi kuman secara rutin juga bisa jadi cara yang baik, terutama jika Anda sudah sering membawanya ke kamar mandi. Anda bisa membeli semprotan khusus untuk membersihkan layar sentuhnya dan penggunaan pelindung layar juga bisa membantu.

Selain itu, selalu cuci tangan secara rutin, terutama sehabis dari kamar mandi atau memegang ponsel orang lain.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP