Bahaya Musim Hujan untuk Kesehatan dan Keselamatan

Banjir di kawasan WTC Mangga Dua Selasa, 21 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Musim hujan merupakan waktu yang sempurna bagi segala macam kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Kondisi ini dapat menimbulkan penyakit yang dipicu dari air yang dapat mempengaruhi banyak orang. Itulah mengapa akan banyak orang yang tidak masuk kerja karena sakit.

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

"Masalah kesehatan seperti demam, flu, malaria atau gastroenteritis meningkat karena orang senang makan-makanan cepat saji, merokok, memakai sepatu yang salah dan sebagainya," kata Dr. Bharat Jagiasi, ahli perawatan intensif di Sunrise Hospital.

Dia pun membuat daftar berbagai tipe penyakit dan bahaya lainnya yang berkaitan dengan musim hujan seperti dilansir India Times.

Mengenal Apa Itu Leptospirosis, Penyakit yang Harus di Waspadai Ketika Musim Hujan

Menurutnya, saat musim penghujan datang ada sejumlah sumber penyakit yang bisa menyerang. Mulai dari penyakit yang disebabkan oleh air: Kolera, Tifoid, Hepatitis A, Diare.

Ada juga penyakit yang ditimbulkan dari vektor: Malaria, dengue, demam hemoragik. Dan penyakit lainnya, disebabkan paparan air atau hujan: Hipotermia, infeksi saluran napas, leptospirosis.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Suhu yang menurun secara tiba-tiba juga dapat mempengaruhi kesehatan seseorang terutama mereka yang alergi terhadap suhu dingin atau asma.

Infeksi saluran napas karena virus

Penyakit ini akan meningkat karena banyak orang cenderung menjadi basah karena hujan dan seringkali menyebabkan infeksi bakteri.

Leptospirosis

Merupakan penyakit infeksi yang muncul pada manusia. Faktor risiko tingginya meliputi hubungan yang dekat manusia dengan hewan dan air yang kotor.

Diare

Timbul karena infeksi virus, infeksi bakteri, atau akumulasi parasit. Patogen ini biasanya masuk ke dalam usus besar setelah masuk melalui mulut, melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi, kontak oral dengan benda atau tangan yang terkontaminasi, dan lain-lain. Diare bisa dikendalikan dengan menjaga cairan tubuh melalui cara terapi rehidrasi oral. Jika pengobatan ini tidak bisa dilakukan dengan baik karena sering muntah atau diare parah, harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan cairan pengganti melalui infus. Dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan shock (tekanan darah rendah) dan gagal ginjal.

Malaria

Merupakan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk yang disebabkan oleh parasit. Orang yang terkena malaria biasanya mengalami demam, dingin, dan mengalami sakit seperti flu. Jika tidak ditangani, penderita bisa mengalami komplikasi parah dan meninggal.

Demam berdarah dengue (DBD)

Merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyebar ke manusia melalui nyamuk. DBD biasa menyebabkan demam tinggi, ruam kulit, dan nyeri.

Chikungunya

Disebarkan oleh nyamuk yang sama dengan DBD dan menyebabkan penyakit dengan demam yang akut dan bertahan dua hingga lima hari. Kemudian akan diikuti oleh nyeri sendi yang panjang jika parah, nyeri ini bisa muncul selama bertahun-tahun dalam beberapa kasus.

Tenggelam dan tersengat listrik

Merupakan penyebab kematian utama di musim hujan di mana terjadi banyak banjir. Pecahan kaca dan paku bisa terbawa banjir dan menyebabkan luka kecil. Terkadang cidera fatal juga bisa terjadi saat evakuasi atau ketika membersihkan sisa banjir. Tersengat listrik juga mungkin terjadi saat banjir melanda. Untuk itu, hati-hati ketika banjir, usahakan stop kontak listrik sedang dalam keadaan mati dan tak dialiri listrik.

Kecelakaan lalu lintas

Musim hujan akan meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan dan berpotensi terjadi kecelakaan. Para pengendara motor harus mengetahui, dan melakukan latihan, mengenai manajemen risiko yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya