Bintik Putih Pada Kuku, Indikasi Penyakit Serius

Ilustrasi jari tangan
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA.co.id – Pernahkah Anda menyadari sebuah tanda titik putih di kuku jari Anda? Berbahaya kah?

Bentuk Kuku Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu yang Mana

Informasi yang banyak beredar menyebutkan bahwa warna putih pada bagian tengah kuku disebabkan karena seseorang kekurangan kalsium. Sayangnya informasi tersebut salah.

Tanda putih pada kuku ternyata salah satu gejala penyakit serius.

Arti Tanda Setengah Lingkaran pada Kuku Jari

Tanda kecil yang secara medis dikenal sebagai bintik leukonikia, bintik ini sering disalahartikan akibat dari trauma atau benturan pada kuku.

Biasanya titik putih pada kuku ini ada pada bagian bawah kuku, namun seiring waktu tanda tersebut seakan berpindah, tumbuh dan timbul tenggelam.

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Dilansir dari laman NHS Choice, kuku putih bisa menjadi indikator kondisi serius seperti sirosis hati, gagal ginjal atau penyakit jantung. Sementara itu, jika terdapat tanda putih seperti garis, hal itu bisa menjadi tanda rendahnya tingkat protein dalam darah.

Tahun lalu, The Sun juga melaporkan bahwa kebiasaan umum menggigit kuku juga bisa menjadi masalah kesehatan seperti infeksi dan masalah gigi.

Meski demikian, tanda putih pada kuku bisa di indikasikan berbagai hal, misalnya trauma karna benturan, atau alergi cat kuku. Karena itu, sebaiknya jika terdapat tanda putih pada kuku Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya