Aturan Penting Pakai Lensa Kontak Bagi Pemula

Wanita dengan lensa kontak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Lensa kontak menjadi item kecantikan yang praktis untuk membuat tampilan Anda semakin maksimal. Bahkan tak jarang lensa kontak membuat orang semakin percaya diri terhadap penampilan mereka.

Trik Atasi Lensa Kontak Menyangkut di Mata

Bagi Anda yang belum pernah mencoba menggunakan item satu ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Brand Executive Acuvue, Anindia Putri mengatakan, aturan pertama adalah dengan memeriksakan kondisi mata terlebih dahulu kepada staf optik atau dokter mata.

Dari pemeriksaan tersebut, Anda akan tahu apakah mata Anda cocok dan siap untuk menggunakan lensa kontak atau tidak. "Kalau mau pakai contact lens harus pemeriksaan dulu dan harus dilakukan oleh staf di optik yang melakukan pemeriksaan mata secara teliti cocok atau enggak," ujar Anin di Jakarta, Selasa malam, 21 Februari 2016.

Kenali Tanda Mata Lelah Akibat Lensa Kontak

Jika cocok, pilih lensa kontak yang nyaman dipakai. Sebaliknya, jangan gunakan lensa kontak jika Anda memang tidak nyaman setelah mencobanya beberapa saat atau jika mata mulai mengalami gangguan seperti gatal-gatal dan iritasi.

"Intinya adalah kenyamanan, kalau Anda tidak nyaman, sebaiknya jangan digunakan," ujar dia.

Bahaya Lensa Kontak Berwarna Picu Mata Kering

Selanjutnya, perhatikan instruksi pemakaian. Setiap lensa kontak memiliki masa pakai berbeda. Tidak semua lensa kontak dapat Anda gunakan berlama-lama.

"Ganti sesuai dengan waktu dan jam pakai harus diperhatikan," kata Anin.

Selain itu, selalu ingat untuk melepas lensa kontak sebelum tidur. Penggunaan lensa kontak saat tidur akan membuat mata mengalami gangguan, bahkan komplikasi mulai dari iritasi hingga pembengkakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya