Mandi Malam Hari Ampuh Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi tempat tidur.
Sumber :
  • Pexels/Kristin Vogt

VIVA.co.id – Berdasarkan beberapa riset, mandi air hangat di pagi hari bisa membantu mengusir rasa kantuk Anda dan bahkan meningkatkan kreativitas. Tapi, jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur, mandi di malam hari adalah jawabannya.

5 Rahasia Tidur Nyenyak Tanpa Cemas, Usir Insomnia dengan Tips Ampuh Ini!

Beberapa ahli mengatakan, terdapat bukti bahwa mandi malam bisa membuat Anda merasa mengantuk, jika dilakukan di waktu yang tepat. Trik utamanya adalah tidak mulai mandi terlalu larut.

"Anda mungkin tidak ingin meningkatkan suhu tubuh tepat sebelum tidur," kata Dr. Dianne Augelli dari Center for Sleep Medicine di NewYork-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center seperti dikutip laman TIME.

5 Posisi Bercinta yang Bikin Cepat Orgasme dan Tidur Jadi Nyenyak

Hal itu karena suhu memainkan peranan penting dalam mengatur ritme sirkadian (jam alami tubuh) yang memberitahukan tubuh kapan merasa mengantuk atau terjaga. Selama siang hari, suhu tubuh secara alami akan naik hingga sore hari. Lalu suhu tubuh pun mulai berubah dan menurun.

"Suhu tubuh yang menurun adalah sinyal yang memberitahukan bahwa kita harus tidur," ucap Augelli.

Mandi Air Hangat Ternyata Bisa Bakar Kalori Hingga Turunkan Gula Darah

Jadi, mengganggu proses penurunan suhu ini bisa membuat Anda sulit tertidur.

Shelby Harris, direktur pengobatan perilaku tidur di New York’s Montefiore Medical Center mengatakan, mandi lebih awal di malam hari akan memberi kesempatan Anda mendinginkan suhu tubuh dan bisa memicu kantuk.

Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa menghangatkan tubuh dengan mandi bisa membantu menginduksi kantuk, ketika tidak ada waktu yang cukup untuk mendinginkan tubuh setelah itu.

Harris mengatakan, meskipun kebanyakan riset hanya memfokuskan pada mandi, aktivitas mandi selama 20 menit bisa memberikan efek yang sama.

Harris merekomendasikan agar jangan terburu-buru saat mandi. Usahakan Anda selesai mandi sekitar satu setengah jam sebelum naik ke tempat tidur. Dengan begitu, pada saat Anda berbaring di tempat tidur, tubuh Anda akan lebih dingin, kering, dan siap untuk tidur.

Sebagai bonusnya, Anda bisa memasukkan langkah penting ke dalam ritual mandi malam Anda, yakni mencuci muka.Menurut National Sleep Foundation, mencuci muka sebelum tidur dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi timbulnya jerawat, serta mencegah keriput dan membantu kerja krim malam atau pelembap menjadi lebih efektif.

Ilustrasi tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya